Penerapan reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self concept matematik siswa SMP

Asep Ikin Sugandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan Reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Cimahi, sedangkan sampel dipilih kelas VII dari salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Cimahi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbetuk soal uraian yang terdiri dari 5 pertanyaan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan non tes dalam bentuk skala Likert untuk mengukur self concept. Berdasarkan pengolahan data, didapat kesimpulan bahwa pendekatan reciprocal teaching  lebih efektif daripada pendekatan  biasa ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa.

The purpose of this study was to examine the effectiveness of using Reciprocal teaching in improving students' mathematical creative thinking abilities. The method in this study is a quasi-experimental method. The population in this study were all State Junior High School students in the city of Cimahi, while the sample was selected grade VII from one of the Public Middle Schools in the city of Cimahi. The instrument in this study was a test in the form of a question description consisting of 5 questions to measure the ability to think creatively and non-test in the form of a Likert scale to measure self concept. Based on data processing, it was concluded that the reciprocal teaching approach is more effective than the usual approach in terms of students' creative thinking abilities and self concept.


Keywords


Creative thinking, self concept, reciprocal teaching.

References


Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: Refika Aditama.

Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Tugas Pengajuan Masalah. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2).

Arends, R. (1997). Classroom Instruction and Management. McGraw-Hill Companies.

Awaliah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 59–72.

Borich, G. D. (1988). Effective Teaching Methods. Pearson Education India.

Chua, Y. P. (2004). Creative and Critical Thinking Styles. Universiti Putra Malaysia Press.

Cotton, K. (1991). Teaching Thinking Skills. Northwest Regional Educational Laboratory, School Improvement Program.

Desmita. (2010). Perkembangan Psikologi (4th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91–99.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (I). Bandung: Refika Aditama.

Leonard, L., & US, S. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika.

Liu, H. J. (2009). Exploring changes in academic self-concept in ability-grouped English classes. Chang Gung Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2), 411-432.

Munandar, U. (2009). Kreatifitas Pengembangan Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianti, M., Zubaidah, R., & Hamdani. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–10.

Putra, H. D. (2014). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa MTs Asy Syifa Kelas IX Berdasarkan Teori Piaget. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2, 224–230.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Rahmawati, Y., Priatna, N., & Nurjanah, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 108–122.

Sumartini, T. S. (2015). Mengembangkan Self Concept Siswa melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 48–57.

Trianto, M. P. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Uyanto, S. S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widayati, W., Suyono, S., & Rahayu, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Concept dengan Mengontrol Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Matematika: Jurnal Analisa  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 . Hak cipta dilindungi undang-undang

Journal Analisa has indexed by:

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id