Kontribusi sejarah aljabar Babilonia dan aljabar Arab terhadap berpikir aljabar


Dede Nurjanah(1*), Enur Nurjanah(2), Alkauni Fitriana Hasan(3), Auliya Nabila(4), Riva Lesta Ariany(5)

(1) Program Pascasarjana universitas Islam negeri sunan gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Aljabar dan matematika adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai materi pokok dalam matematika, aljabar memiliki peranan yang penting karena aljabar merupakan dasar atau landasan dalam mempelajari matematika terutama dalam pemecahan masalah dan pembuktian teorema-teorema matematika. Namun sayangnya dalam pengembangan aljabar tidak banyak pendidik yang mengetahui sejarah berkembangnya aljabar sehingga pembelajaran matematika cenderung monoton dengan satu metode dan hal itu menyebabkan terhambatnya perkembangan peserta didik dalam berpikir aljabar. Oleh karena itu, tujuan artikel ini adalah untuk membuka wawasan pembaca mengenai perkembangan aljabar khususnya pada Matematika Babilonia dan pada Matematika Arab serta kontribusinya terhadap berpikir aljabar masa kini. Melalui metode kajian pustaka, kita dapat mengetahui metode-metode yang digunakan matematikawan Babilonia dan Arab dalam membuktikan teori mereka sehingga kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari khusunya dalam pembelajaran matematika di sekolah. 

 

Algebra and mathematics are inseparable entities. As the subject matter in mathematics, algebra has an important role because algebra is the basis or foundation in studying mathematics, especially in problem-solving and the proof of mathematical theorems. But unfortunately in algebra development not many educators know the history of the development of algebra so that learning mathematics tends to constant with one method and it causes inhibition of the development of students in thinking algebra. Therefore, the purpose of this article is to open the reader's insight on the development of algebra, especially to Babylonian Mathematics and to Arabian Mathematics and its contribution to contemporary algebraic thinking. Through the literature study method, we can know the methods used by Babylonian and Arabian mathematicians in proving their theory so that we can apply it in everyday life especially in learning mathematics in school.


Keywords


pembelajaran matematika, metode penyelesaian aljabar

References


Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Beta, 8(1), 1-13.

Asy-Syaimaa’ Hussain, L. K., & Ramli, A. F. (2017, Desember). Contributions of Islamic Civilization to the Mathematics Development. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 199-208.

Burton, D. M. (2011). The History of Mathematics : An Introduction. New York: The McGraw Hill Companies.

Dejic, M., & Mihajlovic, A. M. (2014). History of Mathematics and Teaching Mathematics. Teaching Innovations, 7, 15-30.

Krantz, S. G. (2006). An Episodic History of Mathematics. St. Louis.

Kurnia, R. A. (2011). Teori Aljabar Alkhawarizmi. Jurisdictie, Jurnal Hukum dan Syariah,, 2(2), 160-165.

Marsigit. (2012). Sejarah Dan Filsafat Matematika. Workshop Guru SMK RSBI. Yogyakarta: Fakultas Pascasarjana UNY.

Muhtar, F. (2014). Abu Abdullaah Ibn Musa Al-Khawarizmi (Pelopor Matematika dalam Islam). Jurnal Beta, 7(2), 82-97.

Muqowim. (2012). Genealogi Intelektual Saintis Muslim. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Pratiwi, V., Herman, T., & Lidinillah, D. A. (2017). Upper Elementary Grades Students’ Algebratic Thinking Ability In Indonesia. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9).

Sukmawati, A. (2015). Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Math Didactic : jurnal Pendidikan Matematika.

Victor J, K. (2006). Stages in the History of Algebra with Implications for Teaching Educational Studies in Mathematics.

Wahyu, K. (2016). Sejarah Matematika : Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 89-110.

Warsitasari, W. D. (2015). Berpikir Aljabar dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal APOTEMA, 1(1), 1-17.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.8231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id