Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa


Nadia Diah Purwanti(1*), Heni Pujiastuti(2)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitan berikut termasuk pada penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Subjek penelitian pada kegiatan ini adalah siswa kelas VII disalah satu smp di Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data memakai angket motivasi belajar, tes kesulitan belajar, dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa memiliki rerata motivasi belajar yang tinggi. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa diantaranya kesulitan dalam mendefinisikan dan memahami konsep aljabar, menuliskan penjabaran dan menyederhanakan bentuk aljabar penjumlahan dan pengurangan, serta menyederhanakan bentuk aljabar perkalian dan pembagian.


Keywords


Kesulitan Belajar, Motivasi Belajar, dan Aljabar

References


Acharya, B. R. (2017). Factor Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learning. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8–15.

Akhirman, & Nilna Ma’Rifah, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Soal Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7527

Aryani, F. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi, Fakultas Teknik UNY.

Aulia, Y. P., & Sutriyono. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Matematika Siswa SMP Kelas XII SMP Negeri 1 Salatiga. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 52–59.

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1).

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120

Januarvi, E. D. (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika UMS.

Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas XII pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103–108.

Kuncorowati, R. H., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2017). The Analysis of Student’s Difficulties Based on Skemp’s Understanding Theorem at The Grade VII in Quadrilateral Topic. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1).

Kurniasari, I., & Himmah, N. R. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model PISA Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa SMA. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5).

Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bakinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2).

Nurhamsiah. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Bentuk Aljabar Berkaitan dengan Konsep dan Prinsip di SMP. Artikel Penelitian, Universitas Tanjungpura.

Nurianti, Evi, Halini, & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(9).

Oktava, M. A. (2018). Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10.3109/08830185.2014.902452

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeda.

Tall, D. (1993). Diagnosis Students Difficulties in Learning Mathematics. International Journal of Mathematics Education in Science & Technology.

Trieni, P. (2018). The Difficulties of Students in Learning Mathematics by Using Development Learning Sequences Approach in SD Negeri No. 08 Koto Barapak Kecamatan Bayang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(1), 39–49.

Wantika. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau dari Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi,Universitas Islam Negeri Raden Intan, 6, 5–9.

Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., Aoyama, K., & Sugiman. (2019). Diagnosing Student’s Learning Difficulties in The Eyes of Indonesian Mathematics Teachers. Journal on Mathematics Education, 10(3).




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id