Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396Keywords:
Kesulitan Belajar, Motivasi Belajar, dan AljabarAbstract
Penelitan berikut termasuk pada penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Subjek penelitian pada kegiatan ini adalah siswa kelas VII disalah satu smp di Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data memakai angket motivasi belajar, tes kesulitan belajar, dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa memiliki rerata motivasi belajar yang tinggi. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa diantaranya kesulitan dalam mendefinisikan dan memahami konsep aljabar, menuliskan penjabaran dan menyederhanakan bentuk aljabar penjumlahan dan pengurangan, serta menyederhanakan bentuk aljabar perkalian dan pembagian.
References
Acharya, B. R. (2017). Factor Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learning. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8–15.
Akhirman, & Nilna Ma’Rifah, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Soal Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7527
Aryani, F. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi, Fakultas Teknik UNY.
Aulia, Y. P., & Sutriyono. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Matematika Siswa SMP Kelas XII SMP Negeri 1 Salatiga. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 52–59.
Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Universitas Sebelas Maret.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1).
Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120
Januarvi, E. D. (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika UMS.
Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas XII pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103–108.
Kuncorowati, R. H., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2017). The Analysis of Student’s Difficulties Based on Skemp’s Understanding Theorem at The Grade VII in Quadrilateral Topic. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1).
Kurniasari, I., & Himmah, N. R. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model PISA Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa SMA. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5).
Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bakinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2).
Nurhamsiah. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Bentuk Aljabar Berkaitan dengan Konsep dan Prinsip di SMP. Artikel Penelitian, Universitas Tanjungpura.
Nurianti, Evi, Halini, & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(9).
Oktava, M. A. (2018). Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10.3109/08830185.2014.902452
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeda.
Tall, D. (1993). Diagnosis Students Difficulties in Learning Mathematics. International Journal of Mathematics Education in Science & Technology.
Trieni, P. (2018). The Difficulties of Students in Learning Mathematics by Using Development Learning Sequences Approach in SD Negeri No. 08 Koto Barapak Kecamatan Bayang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(1), 39–49.
Wantika. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau dari Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi,Universitas Islam Negeri Raden Intan, 6, 5–9.
Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., Aoyama, K., & Sugiman. (2019). Diagnosing Student’s Learning Difficulties in The Eyes of Indonesian Mathematics Teachers. Journal on Mathematics Education, 10(3).
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).