Pemahaman konsep matematika siswa dengan strategi everyone is a teacher here


Dewa Ayu Krisna Apriyanti(1), I Made Sugiarta(2), I Made Suarsana(3*)

(1) Ganesha University of Education, Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Ganesha,  
(3) Universitas Pendidikan Ganesha,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Everyone is a Teacher Here di kelas VIII E SMPN 4 Sukasada tahun ajaran 2019/2020 karena memahami konsep matematika merupakan hal penting serta menjadi kemampuan dasar yang mesti dikuasai siswa supaya dapat mengembangkan kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi, namun faktanya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Jenis pene-litian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini berupa tes pemahaman konsep berbetuk soal uraian dengan 6 pertanyaan di masing-masing siklus dan non tes berupa angket untuk mengetahui tanggapan siswa. Setelah dilaksanakan dengan 3 siklus didapatkan hasil bahwa model pembelajaran kooperatif dengan strategi Everyone is a Teacher Here mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa serta siswa menanggapi dengan positif pembelajaran dengan menerapkan model ini.

Kata kunci: Pemahaman konsep, Matematika, Strategi Everyone is a Teacher Here

This study aims to improve students' understanding of mathematical concepts through the application of cooperative learning models with the Everyone is a Teacher Here strategy in VIII E class of SMPN 4 Sukasada academic year 2019/2020 because understanding mathematics concepts is important and becomes the basic ability that students must master to develop high-level mathematical thinking skills, but the fact is the ability to understand students' mathematical concepts is still low. This type of research is classroom action research. The instrument in this study was a test of understanding the concept of problem-solving questions consisting of 6 questions in each cycle and non-test in the form of a questionnaire to determine student responses. After being carried out with 3 cycles, the result is the cooperative learning model with Everyone is a Teacher Here strategy can improve students' understanding of mathematical concepts and students respond positively to learning by applying this model.

Keywords: Conceptual Understanding, Mathematics, Everyone is a Teacher Here Strategy


Keywords


Pemahaman konsep, Matematika, Strategi Everyone is a Teacher Here

References


Budarsini, K. P., Suarsana, I. M., & Suparta, I. N. (2018). Model diskursus multi representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah menegah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 110–118. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.20047

Candiasa. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN Dan BIGSTEPS.

Handayani, E. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dengan metode Mind Map terhadap pemahaman konsep Matematis peserta didik kelas VII Mts Negeri 01 Kotabumi tahun ajaran 2015/2016.

Hendrayana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) terhadap pemahaman konseptual matematis siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15385

Kasbolah, K. (1988). A syllabus for the course in teaching/learning strategies for students of English education in Indonesia. In ProQuest Dissertations and Theses.

Kesumawati, N. (2013). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 1, April 2013 ISSN 2089-855X. KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR: Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Strategi Think-Talk-Write.

Lasmanah, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Vii-a Smpn Sukasari Sumedang”. Jurnal Analisa, 2(3), 18. https://doi.org/10.15575/ja.v2i3.1221

Made Suarsana, I., Widiasih, N. P. S., & Nengah Suparta, I. (2018). The effect of brain based learning on second grade junior students’ mathematics conceptual understanding on polyhedron. Journal on Mathematics Education.

Matematika, J. D., Matematika, J., & Negeri, U. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika, 1(2), 30–42. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2059

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In School Science and Mathematics.

Rahmawati, I., & Fahmi, S. N. (2014). IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI KELAS IV SEMESTER II SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN SD PETOMPON 01 SEMARANG. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v4i1.530

Silberman, M. (1996). Introduction to active learning. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject.

Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar.

Zahid, A., Susilawati, W., Jihad, A., & Maryono, I. (2013). Penerapan Teknik Ikonik terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Analisa, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.15575/ja.v1i1.2891




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.8529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id