Pemahaman matematis melalui metaphorical thinking berbantuan aplikasi Powtoon


Didah Husnul Aidah(1), Nunung Sobarningsih(2*), Yayu Nurhayati Rahayu(3)

(1) , Indonesia
(2) ,  
(3) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental  dengan desain Nonequivalent pretest-posttest control group design.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Bandung. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data N-gain diperoleh  bahwa rata-rata N-gain tes kemampuan pemahaman yang menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon adalah 0,64  dan rata rata pembelajaran konvensional adalah 0,44. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbaantuan aplikasi powtoon dengan pembelajaran konvensional. 


Keywords


pemahama; metaphorical thinking; powtoon



DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id