Pengenalan komputasi matematika scilab kepada siswa sekolah menengah Kejuruan


Edi Supriyadi(1*), Arief Hertadi Rustam(2)

(1) Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Komputasi matematika akan menjadi kebutuhan utama dari setiap orang di masa depan. Seiring dengan kemajuan sains dan teknologi, begitu juga dengan penggunaan aplikasi yang berbasis komputer di tengah masyarakat diharapkan siswa di sekolah bisa memanfaatkannya sebagik mungkin. Penggunaan ini bisa dipraktekkan dari pembelajaran di lingkungan sekolah sehingga minat siswa dalam sains dan teknologi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan komputasi dengan bantuan aplikasi Scilab pada pelajaran matematika di SMK XYZ. Reseach and Development (R & D) adalah metode penelitian yang digunakan dalam peneltian kali ini dengan memodifikasi prosedur pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan komputasi siswa dengan media pembelajaran matematika respon yang positif di SMK XYZ. Dapat disimpulkan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa suplemen bahan ajar komputasi matematika dengan aplikasi Scilab dikategorikan layak.


Keywords


Matematika, Komputasi, R&D

References


Arfinanti, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Metode Numerik dengan Implementasi Scilab Berbantuan Software Latex. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 121-138.

Baist, A., Firmansyah, M. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 29-36.

Borg, W.,R., Gall, J.,P., Gall, M.,D. (2003). Education research: an introduction. USA: Pearson Education.

Christine Gomez and Scilab Enterprises. (2013). Scilab for Very Beginners. Versailles: Scilab Enterprises S.A.S.

Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan.

Hasrawati, Imansyah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Matlab pada Kompetensi Dasar Sistem Telekomunikasi di SMK Telkom Makassar. (JIIP) Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854) Volume 1, Nomor 1, Mei 2018 (31-37)

Jamaloodeen, M. I. (2015). Scientific computing and programming in the cloud using open source platforms: An illustration using weighted voting systems on the Scilab computing environment. (Electronic Proceedings of the Twenty-sixth Annual International Conference on Technology in Collegiate Mathematics VOL26/S064 Proceedings

Lee, T. Y., Mauriello, M. L., Ahn, J., & Bederson, B. B. (2014). CTArcade: Computational thinking with games in school age children. International Journal of Child-Computer Interaction, 2(1), 26-33.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Michael Baudin. (2010). Introduction to Scilab. Le Chesnay: Consortium Scilab.

http://www.Scilab.org/content/download/247/1702/file/introScilab.pdf

Mukhtar.,Iskandar. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung persada (GP) Press Jakarta.

Nabila, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 32-40.

Qurohman, M. T., Romadhon, S. A., & Wulandari, R. (2018). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN GURU SMK DINAMIKA KOTA TEGALTENTANG PEMANFAATAN PROGRAM KOMPUTASI MATEMATIKA GEOGEBRA. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3.

Scilab Enterprises. 2013. Scilab Online Help. http://help.Scilab.org/

Sobiruddin, D. (2015). Penerapan Software MATLAB terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (cetakan kelima). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2016). Defining computational thinking for mathematics and science classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127-147.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id