Pemberdayaan Remaja Muslim melalui Program Akademi Berdaya Kreatif


Jamaludin Al Afgani(1*)

(1) Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this research is to find out methods in community empowerment that are in accordance with the object of adolescents, as well as processes and programs that are useful for youth empowerment carried out by the Creative Empowerment Foundation through empowered academy programs. This study uses a descriptive method with a type of data that is qualitative which describes and explains the facts in the field, using data collection techniques, interviews and documentation studies. The results of the first study, the youth empowerment process carried out by the Creative Empowerment Foundation through a empowered academy program by inviting the community to become volunteers and foster brothers and sisters then looking for and providing understanding of theories that are relevant to teenagers' desires, whose targets are orphaned teenagers. Second, methods of empowering education and practices that are in accordance with the moral curriculum. Third, a movement to improve the quality and capacity of institutions by providing training to volunteers and carers and administrators to remember about empowering and being sincere in empowering.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode dalam pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan objeknya yakni remaja, serta proses dan program yang bermanfaat bagi pemberdayaan remaja yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Kreatif melalui program akademi berdaya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif yang menggambarka dan menjelaskan fakta-fakta di lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian diperoleh bahwa pertama, proses pemberdayaan remaja yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Kreatif melalui program akademi berdaya dengan mengajak masyarakat untuk menjadi relawan dan kakak asuh kemudian mencari dan memberikan pemahaman tentang teori yang relevan dengan keingin remaja, yang sasarannya adalah remaja yatim dhuafa. Kedua, metode pemberdayaan pendidikan dan praktik yang sesuai dengan kurikulum berakhlaq. Ketiga, gerakan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas lembaga dengan memberi pelatihan pada relawan dan kakak asuh serta pengurus untuk ingat tentang memberdayakan dan ikhlas dalam memberdayakan.


Keywords


Pemberdayaan; Akademi; Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (1996). Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

El Hasanah, L.N. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. JURNAL STUDI PEMUDA, 4 ( 2) , 268-280.

Faturochman, dkk. (2012). Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat, Yogyakarta : diterbitkan atas kerjasama Fakultas Psikologi UGM dengan Pustaka Pelajar.

Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341-356.

Nurjamilah, C (2016) Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dalam Perspektif Dakwah Nabi SAW, Journal of Islamic Studies and Humanities, 1 (1): 93-119.

Perliando dkk. (2018). Pemberdayaan Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Dayak di Kelurahan Budaya Pampang Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan , 6 (1), 425-438.

Purwanto, N. (2002). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safei, A. A. (2016). Sosiologi Dakwah: Rekonsepsi, Revitalisasi, dan Inovasi. Yogyakarta: Deepublish (Grup CV Budi Utama)

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sholeh, C. (2014). Dialetika Pembangunan dan Pemberdayaan. Bandung : Fokusmedia.

Widjajanti, K. (2011) Model Pembedayaan Masyarakat, Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12 (1): 15-27.

Wulandari, P.K. (2016).Generasi Sadar Wisata (Pemberdayaan Pemuda dan Pendidikan Duta Wisata di Kabupaten Trenggalek). JSPH Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 1(2), 140 – 148.




DOI: https://doi.org/10.15575/anida.v18i1.5049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat