Pesan Inspiratif Foto Jurnalistik di Media Republika Analisis Semiotika Foto Cerita
Keywords:
Pesan, Foto Jurnalistik, SemiotikaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait pemaknaan foto-foto jurnalistik dalam memberi gambaran realitas sosial di sebuah rumah pusat rehabilitasi yang ada di kota Aceh.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan paradigma kritis. Kualitatif dapat menghasilkan sebuah data melalui kata-kata orang. Penggunaan kualitatif dapat memberikan gambaran lengkap dibalik fenomena yang terjadi.Sedangkan Paradigma kritis memberikan sebuah tradisi sosial sebuah system yang dianggap benar.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pemaknaan terkait foto jurnalistik yang mengandung denotasi didasari oleh tanda-tanda yang muncul dari sebuah realitas sosial di rumah rehabilitasi adiksi narkoba. Sedangkan konotasi memandang terkait hal-hal yang lebih detail didalamnya. Makna mitos muncul ketika akibat nilai-nilai kebudayaan yang tertanam di dalam foto tersebut. Melalui semiologi dari roland barthes terkait makna denotasi, konotasi dan mitos hasil penelitian ini memberikan gambaran makna yang nyata terkait sudut pandang rumah rehabilitasi yang dianggap rendah bagi banyak orang.Â
References
Cangara, Hafied. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group;
Effendy, Onong Uchjana. (1989). Kamus Komunikasi. Bandung: PT. Mandar Maju;
Eriyanto, (2019). Metode Komunikasi Visual, Bandung: PT Remaja Rosdakarya;
Gani, Rita (2013). Jurnalistik Foto. Bandung: PT Simbiosa Rekatama Media;
Kaifa Publishing;
Kusumaningrat, Hikmat (2006). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja
Rosakarya;
Moeloeng, Lexy J (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya;
Muhtadi, Asep Saiful (2016). Pengantar Ilmu Jurnalistik, Bandung: Simbiosa
Rekatama Media;
Mulyana Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja
Nasrullah, R (2015) Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media;
Nugroho, R. Amien. (2006). Kamus Fotografi. Yogyakarta: Penerbit Andi;
Nurudin (2009). Jurnalisme Masa Kini. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada;
Rosdakarya;
Sobur: Alex (2003: 27) Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya;
Sumayku, R. (2016). Pada Suatu Foto: Cerita dan Filosofi dalam Fotografi. Bandung:
Wijaya, Taufan (2011). Foto Jurnalistik Dalam Dimensi Utuh. Jakarta: Sahabat;
Adhani, Nurul (2014). Makna Pesan Dakwah Dalam Foto Busana Muslim Rubrik
Modis Pada Majalah Aulia (Analisis Semiotik Melalui Pendekatan Model
Roland Barthes). Skiripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta;
Anggoro, Wahyu Bambang (2016). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap
Foto Jurnalistik Kabut Asap: Penelitian Pada Foto Jurnalistik Media
Cetak dan Media Online Edisi 15 September 2015.Skripsi, UIN Sunan
Gunung Djati Bandung;
Asri, Maulina (2019). Analisis Semiotika Street Photography Pada Akun Instagram
Kulukulir Palembang. Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang;
Dina Saputri, Silviyana (2015). Pesan Sosial Foto Jurnalistik Pada Surat Kabar
Harian Republika Edisi Ramadhan 1435 H. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta;
Qowiyudin Akbar, Fajar (2020) Pesan Moral foto Jurnalistik pada rubrik spektra pikiran takyat harian bandung edisi 9 September dan 23 September jurusan Ilmu Komunikasi. Jurnal. UIN Sunan Gunung Djati Bandung;
Ramadhan, Jamal (2017). Pesan Inspiratif Foto Jurnalistik Koran SINDO Jabar:
Analisis Semiotika Foto Ceita Pada Rubrik Frame Koran Sindo Jabar
Edisi Januari 2017. Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung;
Waluyo, Joko. 2018 “Makna Jurnalisme Dalam Era Digital: Suatu Peluang
Transformasi†Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, Vol.1 No.35;
Yulinnas, Syifa, 2021. Menjemput Hidayah di Rumah Rehabilitasi Adiksi Narkoba diakses25 Juli 2022 https://www.republika.co.id/berita/qzk9fs314/menjemput-hidayah-di-rumah-rehabilitasi-adiksi-narkoba-2;
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
LETTER OF COPYRIGHT ASSIGNMENT
Â
As an author of Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam of Program Islamic Communication and Broadcasting, Dakwah and Communication Faculty, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, I, who sign below:
 Declare:Â
Â
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed on any other journals and publication.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except with Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except referred in bibliography and relevant with the rule of writing in this journal.
- I give all my copyright of this paper to this journal include the right for managing and publication.
- I make this assignment surely. If there are distortion and untruth in this assignment, later, I will take responsibility as the current law. Â