Pesan Inspiratif Foto Jurnalistik di Media Online (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Foto Essay Pesepak Bola Difabel di Media Online Kumparan)


Robi Hermawan(1*), Aep Wahyudin(2), Dono Darsono(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan inspiratif yang terkandung dalam sebelas foto yang terhimpun dalam foto essay berjudul “Melihat Kegigihan Pesepak Bola Difabel di Bandung: Mengejar Mimpi, Menanti Janji” dengan cara observasi menggunakan kajian ilmu analisis semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce melalui konsep segitiga makna (triangle of meaning). Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa rangkaian foto essay yang menjadi objek penelitian skripsi ini mengandung pesan inspiratif, hal ini diketahui setelah dilakukan analisis dengan menggunakan teori triangle of meaning yang digagas oleh Charles Sanders Peirce. Pada tahap sign, peneliti menemukan tanda seperti warna-warna, makhluk hidup, benda-benda mati, dan kegiatan manusia. Lalu pada tahap object, warna yang menyimbolkan sebuah rasa, aktivitas manusia, benda-benda yang digunakan sehari-hari, dan tempat untuk melakukan aktivitas. Setelah itu pada tahap terakhir interpretant, penelitian menemukan pesan yang disimpulkan sebagai pesan inspiratif yakni memiliki keterbatasan fisik bukan alasan untuk menjadi manusia lemah dan tidak berguna, percaya diri dan motivasi tinggi menjadi modal awal untuk mewujudkan mimpi, seberat apapun cobaan yang menimpa harus dihadapi dengan ketulusan hati bukan disesali, dan menyadari bahwa manusia memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpi dan memiliki potensi diri.


Keywords


Pesan Inspiratif, Foto Jurnalistik, Media Online, Semiotika, Difabel

Full Text:

PDF

References


Adhitama, C. R. (2021). Komodifikasi Foto Jurnalistik Anarkisme Sepak Bola dengan Judul Persebaya Kalah Lagi Bonek Ngamuk. (Doctoral Dissertation). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Agustina, R. S. (2020). Bikin Jago Sepak Bola. Bogor: Ilmu Cemerlang Group.

Alwi, A. M. (2004). Foto Jurnalistik: Metode Memotret dan Mengirin Foto ke Media Massa. Jakarta: Bumi Aksara.

Ambat, dkk. (2019). Representasi Kekerasan dalam Foto-foto di Buku Kumpulan Fotografi Jurnalistik “Unpiblished”. Jurnal Komunikasi.

Arridho, I.Q. dkk. (2021). Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola. Jurnal Patriot, 3(4), 340-350.

Bariroh, N. F. (2021). Representasi Pesan Inspiratif Kisah Nyata Merry Riana dalam Film Mimpi Sejuta Dolar: Teori Semiotika Roland Barthes. (Doctoral Dissertation). IAIN Ponorogo.

Badudu & Zain. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Cobley, Paul dan Litza Jansz. (1999). Introducing Semiotics. Royston: Icon Books.

Daulay, D. A. M. (2019). Etika Foto Jurnalistik dalam Ruang dan Gambar di Harian Tribun Medan. Doctoral Dissertation.

Fitri, A. A. (2011). Empati dalam Foto Jurnalistik: Studi Analisis Isi Kumpulan Foto Jurnalistik pada Buku Kilas Balik 2009-2010 karya Pewarta Foto Antara. (Doctoral Dissertation). UPN Veteran Yogyakarta.

Foust, J. (2017). Online Journalism: Principles and Practices of News for the Web. Taylor & Francis.

Gani, R. & Kusumalestari, R, R. (2013). Jurnalistik Foto: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosia Rekatama Media.

Hoed, B. H. (2014). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Bandung: Komunitas Bambu.

Jamiluddin, R. M. (2005). Tipologi Pesan Persuasif. Jakarta: Indeks.

Jati, N. K. (2017). Hiperrealitas Fotografi Jurnalistik. Nirmana, 17(1), 16-21.

Kaesarina, M. (2016). Tipologi Pesan Persuasif dalam Rubrik Fenomena Majalah Bahana: Analisis Isi Deskriptif Tipologi Pesan Persuasif dalam Rubrik Fenomena di Majalah Rohani Populer BAHANA edisi Oktober 2007 - Juni 2016. (Doctoral Dissertation). UAJY.

Karyadi, B. (2017). Fotografi: Belajar Fotografi. Bogor: Nahl Media.

Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2).

Laba, K. dkk. (2015). Representase Visi Surat Kabar dalam Foto Jurnalistik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(1).

Moleong. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja

Muniarti, E. (2019). Komunikator, Pesan, Pedia/Saluran, Komunikan, Efek/Hasil, dan Umpan Balik. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia Jakarta.

Nugraha, A. C. (2012). Mahir Sepak Bola. Bandung: Nuansa Cendekia.

Nurhadi, Z, F. & Kurniawan, A, W. (2018). Kajian tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 3(1), 90-95.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Purna, S. K. dkk. (2020). Kerangka Pembinaan Olahraga Disabilitas. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Radissa, V. S. dkk. (2020). Pemenuhan Kebutuhan Dasar Penyandang Disabilitas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 61-69.

Rahmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, J. (2017). Pesan Inspiratif Foto Jurnalistik Koran Sindo Jabar: Analisis Semiotika Foto Cerita pada Rubrik Frame Edisi Januari 2017. Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Romli, K. (2016).Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.

Salsabila, N. dkk. (2018). Rehabilitasi Sosial Bagi Remaja dengan Disabilitas Sensorik. Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 190-203.

Sasmita, W. A. (2019). Strategi Redaksi Tirto.Id dalam Penyajian Berita di Media Online. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suciati, R. dkk. (2019). Penerapan Model Berpikir, Berbicara, dan Menulis dengan Media Foto Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 53-58.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vera, N. (2015). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahjuwibowo, I. S. (2019). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Mitra Wacana Media.

Wardana, D. W. (2017). Disaat Fotografi Jurnalistik Bukan Sekedar Pemberitaan. Jakarta: Jurnal STMK Trisakti, 1(1), 93-108.

Widinarsih, D. (2019). Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 20(2), 127-142.

Widyastutik, C. (2021). Makna Stigma Sosial Bagi Disabilitas di Desa Semen Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Jurnal Paradigma, 10(1).

Wijaya, T. (2018). Foto Jurnalistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.