Pengaruh Program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM Terhadap Minat Pendengar Anggota Komunitas MQ FM


Rasyida Isma Basyari(1*), Abdul Aziz Ma'ariif(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh panjang siaran, penonjolan siaran, dan konflik siaran yang dihasilkan oleh program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM terhadap minat pendengarnya untuk mengirimkan feedback. Pendengarnya adalah komunitas Forum Silaturahmi MQ FM. Penelitian ini menggunakan teori Agenda Setting dengan metode kuantitatif yang melibatkan 2 variabel penelitian yaitu, program Berita Dunia Islam sebagai variabel X, dan minat pendengar mengirimkan feedback sebagai variabel Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Berita Dunia Islam 102.7 MQ FM memiliki pengaruh terhadap minat pendengarnya untuk mengirimkan feedback. Namun secara parsial, tidak semua kategori variabel X memberikan pengaruh secara langsung. Secara keseluruhan pengaruh dari program Berita Dunia Islam memiliki pengaruh terhadap minat pendengar mengirimkan feedback sebesar 63.4%, sedangkan faktor yang mempengaruhi minat pendengar mengirimkan feedback terdapat 36.6% dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Pengaruh; Media Radio; Minat Pendengar

Full Text:

PDF

References


Ardianto, ett all. (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azwar, S. (2000). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hadi, I. P. (2009). Perkembangan Tekhnologi Komunikasi Dalam Era Jurnalistik Modern. Jurnal Ilmiah Scriptura, Vol. 3 No. 1.

Heryanto, G. G. (2017). Ekonomi Politik Media Penyiaran :Rivalitas Idealisme Nilai Islami dan Mekanisme Pasar. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.1 No.1

Ishwara, L. (2011). Jurnalisme Dasar. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Bandung: Kencana.

Kurniawan. (2006). Jurnalisme Warga: Prospek dan Tantangannya. Sosial Humaniora. Vol.11 No. 2. Halaman 71-78.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Pavlik, J. P. (2001). Jurnalisme and New Media. New York: Columbia University Press.

Rakhmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendekia..

Ruslan, R. (2004). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Singarimbun, ett all. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, edisi tujuh. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumadiria, AS. (2008). Jurnalistik Indonesia : Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Uyanto, S. (2009). Pedoman Data dengan SPSS. Yogyakarta. Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.