PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI


Finna Oktavia Susanti(1*), Muhammad Muttaqin(2), Milla Listiawati(3)

(1) UIN SGD Bandung, Indonesia
(2) UIN SGD BAndung, Indonesia
(3) UIN SGD BAndung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model inkuiri
terbimbing, menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi
dengan menggunakan dan tanpa menggunakan model inkuiri terbimbing, menganalisis
pengaruh dan respon model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa
pada materi sistem ekskresi. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2
SMAN 1 Jalancagak tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasi eksperiment dengan desain, pretest - posttest control group design. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan kuesioner berupa angket.
Hasil penelitian di kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing menghasilkan nila
rata-rata pretest 45,90, posttest 80,00, dan gain 33,86, kelas yang tanpa menggunakan model
inkuiri terbimbing menghasilkan nilai rata-rata pretest 43,85, posttest 74,93 dan gain
31,60. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,20 > ttabel 1,99 dengan a sebesar
0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran model
inkuiri terbimbing

Keywords


Model Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif , Sistem Ekskresi, SMAN 1 Jalancagak



DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats