PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING


Hadiansah Hadiansah(1*), R. Ading Pramadi(2), Maya amelia Febriani(3)

(1) UIN SGD Bandung, Indonesia
(2) UIN SGD Bandung,  
(3) UIN SGD Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem
pernapasan dengan penerapan pembelajaran brainstormingdan Pendekatan Sains 5M. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu weak experimentdengandesain penelitian
static-group comparison design. Sampel penelitian menggunakan dua kelas (MIA-3 dan
MIA-4) yang memiliki kedudukan berbeda, kelas MIA-3 sebagai kelas perlakuan dan kelas
MIA-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah soal
penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda, angket respon siswa dan format lembar
observasi. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian penguasaan konsep baik pada kelas
perlakuan maupaun pada kelas control yang tergolong sangat baik (86,1 dan 82,7).
Pelaksanaan proses pembelajaran brainstorming berjalan dengan kualifikasi sangat baik
dengan rata-rata tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran mencapai 89,4%. Siswa
memberikan respon positif terhadap pembelajaran brainstorming pada materi sistem respirasi.

Keywords


Brainstorming, Penguasaan Konsep



DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats