Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Praktikum Terintegrasi Literasi Numerik pada Materi Ekologi


Nur Hamidah(1*), Bambang Supriatno(2)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Biologi di Sekolah tidak lepas dari kegiatan praktikum baik di dalam maupun di luar Laboratorium. Kegiatan praktikum tentunya harus selaras dengan tuntutan kurikulum, sehingga lembar kerja praktikum perlu dianalisis dan dikaji lebih lanjut. Analisis lembar kerja praktikum dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif menggunakan dua instrumen penilaian. Instrumen penilaian mengacu pada konstruksi pengetahuan diagram vee dan relevansi struktur lembar kerja praktikum terhadap kurikulum. Sebanyak 15 lembar kerja praktikum pada materi ekologi di kelas X dianalisis yang nantinya menjadi acuan dalam rekonstruksi ulang lembar kerja praktikum. Rekonstruksi lembar kerja praktikum juga diintegrasikan dengan keterampilan literasi numerik. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya terdapat empat lembar kerja praktikum yang mencapai skor > 61 dengan kategori layak. Rekonstruksi akhir menghasilkan lembar kerja praktikum pada materi ekologi yang mampu melatihkan keterampilan literasi numerik siswa serta sesuai dengan kurikulum dan konstruksi pengetahuan diagram vee.


Keywords


lembar kerja praktikum, literasi numerik, ekologi, diagram vee.

Full Text:

PDF

References


Abrahams, I., & Reiss, M. J. (2012). Practical Work: Its Effectiveness In Primary And Secondary Schools In England.

Journal Of Research In Science Teaching, 49(8), 1035–1055. Https://Doi.Org/10.1002/Tea.21036

Bambang, S. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis Ancorb Untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang Dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gusti, U. A., & Supriatno, B. (2023). Analisis Dan Rekonstruksi Literasi Kuantitatif Desain Kegiatan Laboratorium Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan Berbasis Ancor. Al- Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 33(1), 16–27.

Hastings, A., Arzberger, P., Bolker, B., Ives, T., Johnson, N., & Palmer, M. (2004). Quantitative Biology For The 21st Century. Available: Http:⁄⁄ Www. Sdsc. Edu/Qeib/Qeib_Final. Html Via The Internet. Accessed, 20.

Hofstein, A., & Lunetta, V. N. (2004). The Laboratory In Science Education: Foundations For The Twenty-First Century. Science Education, 88(1), 28–54. Https://Doi.Org/10.1002/Sce.10106

Hofstein, A., Kipnis, M., & Abrahams, I. (2013). How To Learn In And From The Chemistry Laboratory. In Teaching Chemistry–A Studybook (Pp. 153–182). Brill.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning Styles And Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning In Higher Education. Academy Of Management Learning & Education, 4(2), 193–212. Https://Doi.Org/10.5465/Amle.2005.17268566

Lapada, A. A., Miguel, F. F., Robledo, D. A. R., & Alam, Z. F. (2020). Teachers’ Covid-19 Awareness, Distance Learning Education Experiences And Perceptions Towards Institutional Readiness And Challenges. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 19(6), 127–144. Https://Doi.Org/10.26803/Ijlter.19.6.8

Lathifah, N., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2022). Analisis Dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Pada Materi Pencemaran Lingkungan Tingkat Sma. Jurnal Bioeduin: Program Studi Pendidikan Biologi, 12(1), 12–23.

Maesaroh, M., Elvianasti, M., Irdalisa, I., Astuti, Y., & Lestari, S. (2021). Profil Kompetensi Biologi Peserta Didik Sma Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 27–35.

Millar, R. (2004). The Role Of Practical Work In The Teaching And Learning Of Science. Commissioned Paper-Committee On High School Science Laboratories: Role And Vision.

Washington Dc: National Academy Of Sciences, 308.

Muliana, G. H., & Arsal, A. F. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 434–441. Napsawati, N., & Kadir, F. (2022). Analysis Of Physics Practicum Problems Faced By Students

During Distance Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 58–66.

Nivalainen, V., Asikainen, M. A., & Hirvonen, P. E. (2013). Preservice Teachers’ Objectives And Their Experience Of Practical Work. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(1), 010102. Https://Doi.Org/10.1103/Physrevstper.9.010102

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning How To Learn. Cambridge University Press. Ødegaard, M., Haug, B., Mork, S. M., & Sørvik, G. O. (2014). Challenges And Support When

Teaching Science Through An Integrated Inquiry And Literacy Approach. International Journal Of Science Education, 36(18), 2997–3020. Https://Doi.Org/10.1080/09500693.2014.942719 Osborne, J., Simon, S., & Collins, S. (2003). Attitudes Towards Science: A Review Of The Literature And Its Implications. International Journal Of Science Education, 25(9), 1049– 1079. Https://Doi.Org/10.1080/0950069032000032199

Putri, A. R. A., Hidayat, T., & Purwianingsih, W. (2019). Pelatihan Taksonomi Numerik Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 64–78.

Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee:(Analysis And Reconstruction Of Tastebuds Student Worksheets Based On The Vee Diagram). Biodik, 6(2), 200–213.

Ridwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Rini, R., Nurazmi, N., & Ma’ruf, M. (2020). An Analysis Of Retention Viewed From Physics

Outcomes Of Students In Class Xi Mipa Sma Negeri 1 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika,

(2), 201–210. Https://Doi.Org/10.26618/Jpf.V8i2.3384

Riswakhyuningsih, T. (2022). Pengembangan alur tujuan pembelajaran (ATP) mata pelajaran ilmu

pengetahuan alam (IPA) kelas VII SMP. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi

Kabupaten Batang, 7(1), 20–30.

Saputri, N. V. C., Surbakti, D. K. B., Tarmizi, A. D., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Desain

Eksperimen Fotosintesis Pengaruh Suhu Bermuatan Literasi Kuantitatif. Jurnal Basicedu,

(4), 7608–7618.

Siregar, N. F., Sholihah, R. N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis Dan Rekonstruksi

Desain Kegiatan Laboratorium Alternatif Bermuatan Literasi Kuantitatif Pada Praktikum

Fotosintesis Ingenhousz. Jurnal Basicedu, 6(4), 7532–7543.

Steen, L. A. (2001). Mathematics And Democracy: The Case For Quantitative Literacy. NcedPrinceton, Nj.

Supriatno, B. (2007). Profil Lembar Kegiatan Biologi Siswa Sekolah Menengah. Proceding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Biologi.

Supriatno, B. (2018). Praktikum Untuk Membangun Kompetensi.

Tim, G. L. N. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Toplis, R. (2012). Students’ Views About Secondary School Science Lessons: The Role Of

Practical Work. Research In Science Education, 42(3), 531–549. Https://Doi.Org/10.1007/S11165-011-9209-6

Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur Dan Kemunculan Tingkat Kognitif Pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation:

Indonesian Journal Of Biology Education, 1(2), 70–76.

Wei, B., & Li, X. (2017). Exploring Science Teachers’ Perceptions Of Experimentation: Implications For Restructuring School Practical Work. International Journal Of Science Education, 39(13), 1775–1794. Https://Doi.Org/10.1080/09500693.2017.1351650

White, R. T. (1996). The Link Between The Laboratory And Learning. International Journal Of Science Education, 18(7), 761–774. Https://Doi.Org/10.1080/0950069960180703

Zumira, A., Salsabila, A., Nurzeha, F., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Desain Kegiatan Praktikum Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Laju Proses Fotosintesis Bermuatan Literasi Kuantitatif. Jurnal Basicedu, 6(4), 7474–7485.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v13i2.25348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats