Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Komponen Tpack Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Ekskresi


pipit sri mulyani(1*), Uus Toharudin(2), Nia Nurdiani(3)

(1) Universitas Pasundan, Indonesia
(2) Universitas Pasundan, Indonesia
(3) Universitas Pasundan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik salah satunya disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak mendukung peserta didik untuk berpikir kritis, seperti  media pembelajaran yang belum mampu merepresentasikan materi menjadi lebih mudah sehingga tingkat pemahaman cenderung rendah, salah satu media yang dapat digunakan yaitu dengan mengintegrasikan materi ke dalam teknologi berupa multimedia interaktif . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan multimedia interaktif sebagai komponen TPACK dalam meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunaan metode  ­pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posstest.   subjek yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan N-gain didominasi dengan kategori peningkatan tinggi (50% peserta didik) (0,7≤ N-gain ≤1,00 Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penggunaan multimedia interaktif sebagai komponen TPACK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi.

One of the reasons for the low critical thinking ability of students is that the learning activities carried out do not encourage students to think critically, such as learning media that has not been able to represent material more easily so that the level of understanding tends to be low, one of the media that can be used is by integrating material into in technology in the form of interactive multimedia . The purpose of this study was to determine the use of interactive multimedia as a TPACK component in improving students' thinking skills on excretory system material. This study used the pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design, the subject used was class XI MIPA 2 with a total of 28 students. The results showed that the results of the N-gain calculation were dominated by the high improvement category (50% of students) (0.7≤ N-gain ≤1.00) thus indicating that the increase in critical thinking was in the high category. The conclusion in this study is that the use of interactive multimedia as a TPACK component can improve students' critical thinking skills in excretion system material.


Keywords


multimedia interaktif; kemampuan berpikir kritis

References


Khasanah, Binti Anisaul & Indah Dwi Ayu. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen, 7(2), 47-49

Koehler, M. J., Mishra, P., Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?. Journal of Education, 193 (3), 13-19.

Manurung, Purbatua. 2020. Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal ilmiah. 14(1), 2-3

Musfiroh., T., Manan, A & Aprilianto, D. 2020. Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pelajaran PAI. Sawabiq : Jurnal Keislaman. 1(2), 15-30

Nabila, KH. 2020. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis TPACK Terhadap Penguatan Keterampilan Berpikir Kriris (Critical Thinking) Peserta Didik Di SMAN 1 Pringsewu. Universitas Lampung

Nurdiani, N., Rustaman, N.Y., Setiawan, W., & Priyandoko, D. (2019). Reasoning patterns and modes of prospective biology teachers on embryology learning with TPACK framework. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 93-100.

Rahayu, Sri. 2017. TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) : INTEGRASI ICT DALAM PEMBELAJARAN IPA ABAD 21. 2-8

Ramadhani, W.A dkk. 2022. Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Kependidikan Kimia.10 (2). 197-208

Sarjono. (2017). Internalisasi Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniyah, 7(2), 343–353.

Siregar, Lukman Hakim. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development. 7 (1). 92

Sudjana, N dan Rivai, A. 2007. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Toharudin, Uus. 2017. Critical Thinking and Problem Solving : How These Skills are Needed in Educational Psychology ?. International Journal of Science and Research (ISJR). 6 (3), 1&6

Wiyoko, Tri. 2019. Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasisw a PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA. Indonesia J. Integr. Sci. Education (IJIS Edu). 1 (2), 2




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v14i1.28388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats