PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR COGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 AMBON

Authors

  • Muhammad Rijal FITK IAIN Ambon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3185

Keywords:

Numbered Heads Together, aktivitas belajar, hasil belajar cognitive

Abstract

Salah satu alternatif pemecahan masalah untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran biologi adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Teknik ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan baru, baik kemampuan dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Jenis penelitian ini adalah action research yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT pada konsep makanan dan sistem pencernaan makanan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini diawali dengan refleksi awal. Secara umum penelitian tindakan kelas memiliki desain dengan empat langkah utama, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together meningkatkan aktivitas dan hasil belajar cognitif siswa kelas VIII pada konsep makanan dan sistem pencernaan makanan di SMP Negeri 14 Ambon.

Published

2018-08-31

How to Cite

Rijal, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR COGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 AMBON. Jurnal BIOEDUIN, 8(2), 6–16. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3185

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.