PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR COGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 AMBON
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3185Keywords:
Numbered Heads Together, aktivitas belajar, hasil belajar cognitiveAbstract
Salah satu alternatif pemecahan masalah untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami dan menguasai pelajaran biologi adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Teknik ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan baru, baik kemampuan dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Jenis penelitian ini adalah action research yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT pada konsep makanan dan sistem pencernaan makanan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini diawali dengan refleksi awal. Secara umum penelitian tindakan kelas memiliki desain dengan empat langkah utama, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together meningkatkan aktivitas dan hasil belajar cognitif siswa kelas VIII pada konsep makanan dan sistem pencernaan makanan di SMP Negeri 14 Ambon.
Downloads
Published
2018-08-31
How to Cite
Rijal, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR COGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 AMBON. Jurnal BIOEDUIN, 8(2), 6–16. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3185
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).