Validasi Lembar Kerja Perhitungan Laju Pertumbuhan Mikroba: Meningkatkan Keterampilan 4C Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek


Rahayu Kariadinata(1*), Tuti Kurniati(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan 4C (critical thinking, creativity, collaboration, communication) setelah menggunakan lembar aktivitas perhitungan laju pertumbuhan populasi mikroba berbasis proyek pada pembuatan Nata de Dragon dan kelayakan lembar aktivitas. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pre experimental dengan bentuk one grup pretest-posttest yaitu membandingkan keterampilan 4C siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan keterampilan 4C siswa setelah diterapkannya lembar aktivitas perhitungan laju pertumbuhan populasi mikroba. Lembar aktivitas tersebut setelah divalidasi ahli dan diuji coba layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan 4C.

Keywords


Lembar Aktivitas; Berpikir kritis; Kreativitas; Keterampilan Kolaborasi; dan Nata de Dragon

References


Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh pendekatan saintifik dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).

Hardianti, S., & Ramiawati. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan Generik Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Simposium Nasional MIPA, 113-118, 113–118.

Malviane, E. (2014). Fermentasi Sampah Buah Nanas menggunakan Sistem Kontinu dengan bantuan Bakteri Acetobacter Xylinum. Jurnal Reka Lingkungan, 2(1), 10–20.

Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu Dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36.

Widayanti, Yuberti, irwandi, & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Melde Berbasis Project Based Learning. 6, 24–31.

Widodo, A., Maria, R. A., & Fitriani, A. (2016). Peranan praktikum riil dan praktikum virtual dalam membangun kreatifitas siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 92–102.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v14i2.38043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats