http://202.70.136.179/ http://103.88.229.68/pisang/ http://202.28.24.203/ http://203.162.246.123/ http://103.134.17.25/free/ https://storage.googleapis.com/sangpisang/index.html
INTEGRASI METODE FAR (FOCUS, ACTION, AND REFLECTION) DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM. | Perkasa | Jurnal BIOEDUIN

INTEGRASI METODE FAR (FOCUS, ACTION, AND REFLECTION) DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM.


Ardian Teguh Perkasa(1*), Listyono Listyono(2), Siti Mukhlishoh Setyawati(3)

(1) , Indonesia
(2) Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, Indonesia
(3) Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Ab

stract. The results of the 2015 PISA (international student assessment program) assessment of high-level skills (HOTS) in OECD member countries (organization economic cooperation development) Indonesia is ranked as the 62nd, lower than Vietnam and Thailand. These results indicate that the HOTS skills of Indonesian students are classified as very low. This research develops a learning implementation plan that is integrated with the FAR analogy method and examines the learning implementation plan that is developed from an Islamic perspective. The result of the development that has been carried out is the integrated learning plan implementation of the FAR method with feasible criteria to use. The results of the planning expert assessment were 92.7%, material experts 84%, practitioner I 94.4%, practitioner II 98%, practitioner III 98%, Practitioner IV 97%, and practitioner V 96%. Analogy (amtsal) in Islam, is widely used by the Koran to explain an abstract event or event and train the Muslim mind to be able to think properly and be able to use a logical and healthy syllogism. The use of analogies in education can help train higher-order thinking skills, make it easier for students to remember concepts, motivate students, train students to draw conclusions correctly, and visualize abstract objects.

Abstrak. Hasil penilaian PISA (program international student asessment) tahun 2015 tentang keterampilan tingkat tinggi (HOTS) peserta didik negara-negara anggota OECD (organisation economic cooperation development) menempatkan Indonesia pada peringkat 62, lebih rendah dibandingkan dengan Vietnam dan Thailand. Hasil tersebut menunjukan bahwa keterampilan HOTS peserta didik Indonesia tergolong sangat rendah. Penelitian ini mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang diintegrasikan dengan metode analogi FAR dan mengkaji rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan dari sudut pandang islam. Hasil pengembangan yang telah dilakukan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran terintegrasi metode FAR dengan kriteria layak digunakan. Hasil penilaian ahli perencanaan 92,7%, ahli materi 84%, praktisi I 94,4%, praktisi II 98 %, praktisi III 98 %, Praktisi IV 97 %, dan praktisi V 96 %. Analogi (amtsal) dalam islam, banyak digunakan oleh Al-Quran untuk menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa yang abstrak dan melatih akal umat islam untuk dapat berpikir benar dan dapat menggunakan silogisme yang logis dan sehat. Penggunaan analogi dalam pendidikan dapat membantu melatih ketrampilan berpikir tingkat tinggi, memudahkan peserta didik untuk mengingat konsep, memotivasi peserta didik, melatih peserta didik untuk mengambil kesimpulan dengan benar, dan memvisualisasikan objek yang bersifat abstrak.


Keywords


Kata Kunci : HOTS, FAR, Analogi

References


Iswadi Hazrul. 2016. Sekelumit dari hasil pisa 2015 yang baru dirilis. Diambil dari https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/230/Sekelumit-dari-Hasil-PISA-2015-yang-Baru-Dirilis.html

Al-Tabany Trianto Ibnu badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Amin Alfauzan. 2017. Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Islam pada Anak melalui Pendekatan Sinektik dan Isyarat Analogi dalam Alquran. MADANIA 21 (3) : 157 – 170.

An-Nahlawi Abdurahman. 1989. Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam (dalam keluarga, disekolah dan masyarakat). Bandung: CV. Diponegoro

Harison Allan G. dan Richard G. Coll. 2013. Analogi dalam kelas sains. Jakarta : PT. Indeks.

Husna Nur Dinni. 2018. HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA 1, Prosiding seminar nasional matematika UNNES. UNNES 1 Februari 2018. Hlm 170-176.

Jonane Lolita. 2015. Using Analogies in Teaching Physic: A Study on Latvian Teachers Views and Experience. Journal of teacher education for sustainability 17 (2) : 53-73.

Karimah Miladina. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 3 (1) : 49-55.

Kurniasih dan Sani. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.

Listyono et al,. 2018. Method of integrating islamic values in teaching biology for shaping attitude and character. Journal of physic : conference series. Vol. 983.

Mainali .2012. Higher Order Thinking in Education. A Multidisciplinary journal 2 (1) : 5 -10

Syahidin. 2009. Menelusuri Metode-Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta.

Willis Jerry. 2009. Constructivist Instructional Design (CID). Charlote NC: Information Age Publishing.

Yoki Ariyana et al,. 2018. Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: DITJEN Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian pendidikan dan kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats