PENGARUH MODEL ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM INDERA


lulu Kholbi(1*), R. Ading Pramadi(2), Asrianty Mas'ud(3)

(1) , Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Bandung, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Student activeness and interaction between teacher and students during the learning process is still lacking so that it can affect student learning outcomes. The objectives of this study are: (1) to find out how the learning process of the sensory system uses the ARCS model, (2) find out how to improve student learning outcomes in the material sensory system with and without the ARCS model. The method used is a quasi-experimental study with a form of nonequivalent control group design. The procedure is done by giving a pretest, implementing learning, giving posttets, and drawing conclusions from the results of research. Analysis of research data includes normality test, homogeneity test, hypothesis test and N-Gain test. Data were obtained from 15 pretest and posttest multiple choice questions. Based on the analysis results obtained tcount = 2.26 and table = 2.00 at a significance level of 5%. It can be concluded that the ARCS Model has a positive effect on improving student learning outcomes in the material sensory system.
Keywords: ARCS model, improvement of learning outcomes, sensory system.
Abstrak. Keaktifan siswa dan interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung masih kurang sehingga dapat berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana keterlaksanaan proses pembelajaran sistem indera dengan menggunakan model ARCS, (2) mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem indera dengan dan tanpa model ARCS. Metode yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Prosedur yang dilakukan dengan pemberian pretest, pelaksanaan pembelajaran, pemberian posttets, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji N-Gain. Data diperoleh dari 15 soal pilihan ganda pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung = 2,26 dan ttabel = 2,00 pada taraf siginifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa Model ARCS berpengaruh positif tehadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem indera.

Keywords


model ARCS, peningkatan hasil belajar, sistem indera.

References


Abdullah, A. A., dan Fatimah. (2013). Pengaruh Strategi Motivasi Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction (ARCS) Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Di Kelas X Sma Negeri 18

p-ISSN : 2338-7173

e- ISSN 2615-0417

Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi (Februari 2020), Vol. (10), No.(1), 36-45

Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(2). 75-77.

Depdiknas. (2016). Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Indonesia.

Djamarah,S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, N. Dan Rufa H. (2019). Pengaruh Model ARCS Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal bionatural. Vol.6 no 1. Aceh.

Keller, J. (2010). Motivasional Design For Learning Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer Science and Business Media.

Maya, Stevany, Evy. (2014). Pengaruh strategi ARCS(Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap motivasi dan hasil belajar TIK siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Negara. E-journal pendidikan vol 4.

Rahayu, R., & Maman, A. (2012). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setyadin, Envir, & Joko. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Stisfaction (ARCS) dengan Model Konvensional Pada Kelas X Titl Di SMK 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vo. 2 No. 1 , 73 - 80.

Yokhebed. S. Sudarisman, & W. Sunarto. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Inkuiri 1(3) : 183-194.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats