DETERMINAN HARGA SAHAM PT. MEDIA NUSANTARA CITRA TBK BERDASARKAN RASIO PASAR

Ulpah Paujiah, Lilis Sulastri, Budi Budiman

Abstract


Harga saham menjadi salah satu indikator penting untuk berinvestasi di pasar modal. Berkembangnya harga saham diprediksikan bisa dipengaruhi oleh faktor laba perlembar saham dan nilai buku saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS), Book Value Per Share (BVPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Stock Price, baik secara parsial maupun secara simultan pada PT. Media Nusantara Citra Tbk. Periode 2010-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan  tahunan yang dipublikaskan oleh perusahaan.Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi berganda, uji korelasi, uji koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis.  Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Earning Per Share dan Price Earning Ratio (PER) memiliki pengaruh terhadap Stock Price sebesar. Namun, BVPS tidak memiliki pengruh terhadap stock price. 88,9% Untuk penelitian secara simultan, Variabel Earning Per Share, Book Value Per Share dan Price Earning Ratio berpengaruh terhadap Stock Price sebesar 88,9 persen sedangkan sisanya 11,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.


Keywords


EPS; BVPS; PER; Stock Price

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. (2002). Membaca Saham. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Hermawati, P. (2016). Pengaruh Earning Per Share, Price earning Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity terhadap Harga Saham studi kasus pada perusahaan Go Public Sector Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Semarang: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis vol 5 Nomor 3 hlm 28-41.

Huda, N., & Edwin, M. (2007). Investasi Pada Pasar Modal Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Humairah, N. (2019). Pengaruh earning per share, price earning ratio, dan book value per share terhadap harga saham Pada perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga tahun 2013-2017. Bandung: https://digilib.uinsgd.ac.id.

Ngatono. (2016). PENGARUH INFRASTRUKTUR TELEKOMUNIKASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI BANTEN TAHUN 2004 -2013. Jurnal PROSISKO , 33.

Prasetyo, Y. (2017). Hukum investasi dan pasar modal syariah. Bandung: Minna Publishing.

Rahayu, A. S. (2014). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) dan Book Value Per Share (BVPS) terhadap harga saham pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013. Bandung: https://digilib.uinsgd.ac.id.

Saputro, D. (2019). Pengaruh Return on Assets, Earnings per Share dan Book Value Per Share terhadap harga saham. Surakarta: Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Vol 10.

Syah, R. (2017). Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, Book Value Per Share, Dan Dividend Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Jasa Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Medan: Repositori.usu.ac.id.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi: Teori dan aplikasi. Kanisius.

Tryfono. (2009). Cara Cerdas Berinvestasi Saham. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Wawan Utomo, R. A. (2016). Pengaruh Leverage (DER), Price Book Value, Ukuran Perusahaan, Return On Equity (ROE), Deviden Payout Ratio (DPR) Dan Likuiditas Terhadap Price Earning Ratio Pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2009-2014. Jurnal Of ACcounting.




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v2i2.13758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ulpah Paujiah