PENGARUH MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI KECAMATAN KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Arni lasoma, Sofhian Sofhian, Yusran Zainuddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya 1205 pelaku usaha mikro di Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango dengan peluang dan potensi yang besar untuk dapat berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha dan strategi pemasaran terhadap pengembangan usaha mikro di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan metode yang digunakan deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sehingga teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik dengan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, korelasi berganda, dan uji hipotesis. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 1205 usaha mikro, dengan sampel penelitian yang digunakan adalah 93 usaha mikro. Hasil penelitian yang telah diperoleh menyimpulkan bahwa secara parsial modal usaha berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha mikro di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango; strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha mikro di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango; dan secara simultan modal usaha dan pengembangan usaha berpengaruh terhadap pengembangan usaha mikro di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, dengan kontribusi sebesar 28,6%, sedangkan sisanya 71.4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti tenaga kerja, dan keuntungan yang didapat oleh pelaku usaha mikro itu sendiri.


Keywords


Modal Usaha; Strategi Pemasaran; Pengembangan Usaha

Full Text:

PDF

References


Abbas, D. (2018). PENGARUH MODAL USAHA, ORIENTASI PASAR, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM KOTA MAKASSAR. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 95-111.

Ajuna, L. H. (2020). The Effect of Marketing Mix Towards Decision of Muslim Consumers in Travelug. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 246-250.

Alisaningtyas, E. F. (2020). PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA UMKM SARANG BURUNG WALLET DI DESA KEDIREN KECAMATAN KALITENGAH LAMONGAN. . Jurnal Ekonomi Mahasiswa: JEKMA, 1(1).

Arkani, A., & Muhibbin, M. (2021). The Effect of Service Quality and Results on Customer Satisfaction Mudharabah Savings in PT. Bank Syariah Mandiri Gorontalo Branch Office, Indonesia. alaa: Journal of Islamic Finance, 1(1), 17-25.

Ayuwuragil, K. (2017, November 15). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. Dipetik September 20, 2021, dari CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online

Hapsari, A. (2019). PRAKTEK KOMERSIALISASI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PANDANGAN ETIKA BISNIS ISLAM. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(1).

Hertia, D. (2018). Setiap Pembisnis Harus Punya Buku Ini. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hidayati, E. P., & Yoyok , S. (2016). Pengaruh Modal Kerja Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Kerajinan Manik-Manik Kaca Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).

Istinganah, N. F., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 438-455.

Juliasty, S. (2009). Cerdas Mendapatkan dan Mengelola Modal Usaha. Jakarta: Balai Pustaka.

Nuraisiah, R. (2021). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI DI KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(01), 65-81.

Pamungkas, L. M. (2019). Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Perikanan di Kabupaten Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Purwanti, E. (2013). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(1).

Purwati, D., Purwa, G. E., & Paramita, D. P. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN USAHA, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kawasan Desa Kedewan Kabupaten Bojonegoro). . Journal of Management, 7(1).

Putri, K., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2014). PENGARUH KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN, MODAL USAHA DAN PERAN BUSINESS DEVELOPMENT SERVICE TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA (STUDI PADA SENTRA INDUSTRI KERUPUK DESA KEDUNGREJO SIDOARJO JAWA TIMUR. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4).

Riyanti, D. B. (2003). Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Safitri, H., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Modal Usaha Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Dan Kecil Di Desa Kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 792-800.

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Savitri, F. W. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Strategi Pemasaran terhadap Pengembangan UMKM di Desa Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Sururi, A., Hasanah, B., Mulyasih, R., Firdaus, I. A., Hasuri, H., & Yuliani, H. (2020). PENINGKATAN KAPASITAS EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KAWASAN PANTAI UTARA DESA DOMAS KABUPATEN SERANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 405-415.

Vijaya, P. D., & Irwansyah, R. M. (2018). PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS, KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STARTEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA UMKM DI KECAMATAN BULELENG TAHUN 2017. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 45-51.

Widjadja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukanjie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v2i2.13923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arni lasoma, Sofhian Sofhian, Yusran Zainuddin