PERSEPSI DAN PREFERENSI TERHADAP SIKAP NASABAH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BRI SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/fjsfm.v2i2.14375Keywords:
Persepsi, Preferensi, Sikap Nasabah Pembiayaan MusyarakahAbstract
Latarbelakang penelitian ini adalah fluktuatifnya jumlah nasabah produk pembiayaan musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan preferensi terhadap Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian pada penelitian ini adalah persepsi, preferensi dan Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi berjumlah 112 nasabah, dengan 53 orang yang menjadi sampel. Untuk mendapatkan data, penelitia menggunakan sumber data primer yaitu angket dan disebar ke 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, secara parsial persepsi berpengaruh terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja di mana kontribusi pengaruhnya sebesar 21%. Kedua, secara parsial preferensi berpengaruh juga terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja dengan kontribusi pengaruh 20.9%. Ketiga, secara simultan persepsi dan preferensi terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja denngan kontribusi pengaruh 28.6%. Implikasi dari penelitian ini adalah BRI Syariah yang kini telah berubah menjadi Bank Syariah Indonesia dapat menjadikan hasil ini sebagai acuan karena untuk dapat terus meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan maka BSI dapat melakukan riset untuk mengetahui preferensi dan persepsi masayrakat terkait dengan pembiayaan musyarakah.
References
Ikatan Bankir Indonesia. (2015). Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Kotler, P. d. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Miftahuddin. (2019). Perbandingan Konsep Keuangan pada Bank Syariah dan Bank Konvensional. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) .
Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, W. (2020). Pengaruh Pembiayaan dengan Prinsip Jual Beli dan Pembiayaan dengan Prinsip Bagi Hasil terhadap Performa Bisnis PT Bank BRI Syariah. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi .
Siyoto, S. d. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Wakhidah, N. d. (2012). Pembiayaan Musyarakah Dari Sisi Penawaran Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).