PERSEPSI DAN PREFERENSI TERHADAP SIKAP NASABAH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BRI SYARIAH

Jujun Jamaludin, Dadang Dimyati, Widiawati Widiawati, Anisa Ristanti

Abstract


Latarbelakang penelitian ini adalah fluktuatifnya jumlah nasabah produk pembiayaan musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan preferensi terhadap Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian pada penelitian ini adalah persepsi, preferensi dan Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi berjumlah 112 nasabah, dengan 53 orang yang menjadi sampel. Untuk mendapatkan data, penelitia menggunakan sumber data primer yaitu angket dan disebar ke 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, secara parsial persepsi berpengaruh terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja di mana kontribusi pengaruhnya sebesar 21%. Kedua, secara parsial preferensi berpengaruh juga terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja dengan kontribusi pengaruh 20.9%. Ketiga, secara simultan persepsi dan preferensi terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja denngan kontribusi pengaruh 28.6%. Implikasi dari penelitian ini adalah BRI Syariah yang kini telah berubah menjadi Bank Syariah Indonesia dapat menjadikan hasil ini sebagai acuan karena untuk dapat terus meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan maka BSI dapat melakukan riset untuk mengetahui preferensi dan persepsi masayrakat terkait dengan pembiayaan musyarakah.


Keywords


Persepsi; Preferensi; Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah

Full Text:

PDF

References


Ikatan Bankir Indonesia. (2015). Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Kotler, P. d. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Miftahuddin. (2019). Perbandingan Konsep Keuangan pada Bank Syariah dan Bank Konvensional. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) .

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, W. (2020). Pengaruh Pembiayaan dengan Prinsip Jual Beli dan Pembiayaan dengan Prinsip Bagi Hasil terhadap Performa Bisnis PT Bank BRI Syariah. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi .

Siyoto, S. d. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Wakhidah, N. d. (2012). Pembiayaan Musyarakah Dari Sisi Penawaran Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v2i2.14375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jujun Jamaludin, Anisa Ristanti