PERSEPSI DAN PREFERENSI TERHADAP SIKAP NASABAH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BRI SYARIAH

Authors

  • Jujun Jamaludin Universitas Ma'soem
  • Dadang Dimyati Universitas Ma'soem
  • Widiawati Widiawati Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Ristanti Universitas Ma'soem

DOI:

https://doi.org/10.15575/fjsfm.v2i2.14375

Keywords:

Persepsi, Preferensi, Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah fluktuatifnya jumlah nasabah produk pembiayaan musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan preferensi terhadap Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian pada penelitian ini adalah persepsi, preferensi dan Sikap Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BRI Syariah KC Suniaraja Bandung. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi berjumlah 112 nasabah, dengan 53 orang yang menjadi sampel. Untuk mendapatkan data, penelitia menggunakan sumber data primer yaitu angket dan disebar ke 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, secara parsial persepsi berpengaruh terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja di mana kontribusi pengaruhnya sebesar 21%. Kedua, secara parsial preferensi berpengaruh juga terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja dengan kontribusi pengaruh 20.9%. Ketiga, secara simultan persepsi dan preferensi terhadap sikap nasabah pembiayaan musyarakah BRI Syariah KCP Suniaraja denngan kontribusi pengaruh 28.6%. Implikasi dari penelitian ini adalah BRI Syariah yang kini telah berubah menjadi Bank Syariah Indonesia dapat menjadikan hasil ini sebagai acuan karena untuk dapat terus meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan maka BSI dapat melakukan riset untuk mengetahui preferensi dan persepsi masayrakat terkait dengan pembiayaan musyarakah.

Author Biography

Widiawati Widiawati, Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

Ikatan Bankir Indonesia. (2015). Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Kotler, P. d. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Miftahuddin. (2019). Perbandingan Konsep Keuangan pada Bank Syariah dan Bank Konvensional. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) .

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, W. (2020). Pengaruh Pembiayaan dengan Prinsip Jual Beli dan Pembiayaan dengan Prinsip Bagi Hasil terhadap Performa Bisnis PT Bank BRI Syariah. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi .

Siyoto, S. d. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Wakhidah, N. d. (2012). Pembiayaan Musyarakah Dari Sisi Penawaran Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan

Downloads

Published

2021-11-23