KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI UNIVERSITAS SURYAKANCANA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Kasmiri Kasmiri, Dini Try Setiany

Abstract


Abstract

This article is written on the rapid development of the cosmetics industry in Indonesia. Not only local products but products with international brands also market their products in the Indonesian market. The local product that dominates the market share is Wardah Cosmetics, with an image of halal cosmetics, Wardah cosmetics, which are in great demand. This study will focus on consumer purchasing decisions and the factors that influence it, namely product quality and price. The research was conducted in the scope of Suryakancana University students with a sample of 83 respondents, where the sample selection was using a random sampling method. Based on data analysis using multiple linear regression analysis. The findings in the article after statistical testing are partially found that product quality and price levels have a significant effect on Wardah cosmetic product purchasing decisions. Then, the two factors studied together (simultaneously) also have a significant effect on purchasing decisions Wardah cosmetic products with a contribution of 53.8% influence.


Keywords: Product Quality, Price, Purchase Decision

 

Abstrak

Artikel ini ditulis atas perkembangan yang sangat pesat pada industri kosmetik di Indonesia. Tidak hanya produk lokal, produk-produk dengan brand internasional pun turut memasarkan produknya di pasar Indonesia. Produk lokal yang menguasai pangsa pasar adalah Kosmetik Wardah, dengan image sebagai kosmetik halal, produk kosmetik Wardah banyak diminati. Penelitian ini akan berfokus pada keputusan pembelian konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu kualitas produk dan harga. Penelitian dilakukan dilingkup Mahasiswi Universitas Suryakancana dengan sampel yang menjadi responden sebanyak 83 mahasiswi, dimana pemilihan sampel dengan metode random sampling. Based analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Temuan pada artikel setelah pengujian statistik ini ialah secara parsial ditemukan kualitas produk dan tingkat harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Kemudian, kedua faktor yang diteliti secara bersama-sama (simultan) juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah dengan kontribusi pengaruh 53,8%.

 

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembeliaan


Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian "Produk Wardah" di Kecamatan Purwodadi Grebekan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anggraini , E. I., Hidayat, K., & Sunarti. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembeliaan (Survei pada Pembeli yang Menggunakan Produk Wardah di Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square) . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 73, No. 2, 118-124.

Ardyani, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lipstik Wardah (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Veteran Jakarta). Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta .

Ayuniah , P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang Mengambil Kuliah di Kampus Depok). Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 22, No. 3, 208-219.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembeliaan Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEB) 27, Vol. 1, No. 1, 31-48.

Kartika, C. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo pada Mahasiswa Fisip UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung : Perpustakaan Digital UIN Sunan Gunung Djati Bandung (digilib.uinsgd.ac.id/25801/).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen . Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Manajemen. New Jearsey: Pearson Prentice, Inc.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lina, R. F. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Exclusive Matte Lip Cream pada Wardah Beauty House Medan. Medan: Repository Universitas Sumatera Utara.

Nasution, M. H. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Manajemen,. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putri, E. K. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Iklan terhadap Keputusan Pembeliaan Kosmetik Wardah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.15575/fsfm.v1i1.9615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Finansha

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Studi Manajemen Keuangan Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jl. AH. Nasution No 105 40614 Bandung

Email: mks@uinsgd.ac.id