KESELARASAN HURUF AKHIR DALAM KITAB MATAN ZUBAD KARYA SYEKH AHMAD RUSLAN ASY-SYAFI’I


Muhammad Taufiq Hidayat(1*), Karman Karman(2), Muhammad Nurhasan(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati,  
(*) Corresponding Author

Abstract


As - Saja’ merupakan suatu kesatuan huruf akhir pada dua fasilah atau susunan kalimatnya baik kalimat awal, tengah dan akhir. Yang dimaksud dengan fasilah bisa termasuk bait, ayat, kalimat atau penggalan kalimat. Dan sajak sajak menentukan pelafalan dan perulangan bunyi yang sama pada awal, tengah dan akhir kalimat yang ditentukan dengan sebuah pola bunyi atau pola persajakan sehingga menimbulkan keindahan dari segi bentuk pelafalannya pada akhir kata huruf akhirnya.

Dalam peneletian ini membahas tentang jumlah dan jenis jenis saja’ dan sajak yang terdapat pada sebuah kitab matan zubad yang dikarang oleh ulama mahsyur yaitu syekh ahmad ruslan asy-syafi’i. Dengan menggunakan jenis jenis Saja’ dan sajak yang ditinjau dari segala aspek. Kemudian mengetahui jumlah saja’ dan sajak yang terdapat dalam kitab tersebut. Dengan adanya ilmu saja’ yang ditunjang dengan ilmu sajak pengarang dapat menentukan bunyi dan nada huruf serta keserasian dalam dua fasilah.

Metode yang digunakan peneliiti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Ilmu Badi, yaitu mendeskripsikan data dengan cara menentukan kalimat akhir yang sesuai dengan Wazannya agar dapat menemukan jenis-jenis Saja’ dan menentukan pola bunyi pada awal, petengahan dan akhir sebuah kalimat atau fashilah agar dapat menentukan jenis – jenis sajak dalam kitab Matan Zubad karya Syekh Ahmad Ruslan Asy-Syafi’i.Hasil penelitian yang terdapat dalam kitab Matan Zubad ini menghasilkan kesimpulan bahwa jenis-jenis Saja’ bila ditinjau berdasarkan fasilahnya terdapat 3 jenis Saja’ diantaranya Saja’ Muthorrof, Murashsha dan Mutawadzi dan jumlah sajak bila diinjau berdasarkan jenisnya terdapat 4 jenis diantaranya sajak awal, tengah, akhir dan sajak  merata. Jumlah Saja’ dalam kitab ini adalah 45 dan jumlah sajak adalah 47 dari total keseluruhan data fasilah yang peneliti teliti sebanyak 48 bait.


Keywords


As - Saja’, Matan Zubad, Balaghoh

References


Abdul Aziz, Fi-balaghotul arobiyyah ilm badi. Beirut lebanon: Nahdotul Arobiyyah.

Ali al jarim & Musthafa amin, (1999). Al balaghatul wadhihah. Darul ma’arif

Abdullah, Faisal. (2016). Al-Muhassinat lafdiyah Dalam Novel Layali Turkistan. Bahasa dan Sastra Arab. Adab Dan Humaniora. Universitas Islam Negeri. Bandung.

Abdurrohman. (2014). As-syaj’u Dalam Kitab Fathul Aqfaal Dengan Syarah Tuhfathul Athfal. Bahasa dan Sastra Arab. Adab Dan Humaniora. Universitas Islam Negeri. Bandung.

Chatibul Umam, (1980). Aspek-aspek Fundamental Dalam Bahasa Arab. Bandung: PT Al-Ma’arif




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v4i2.11560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muhammad Taufiq Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343