Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengambil Keputusan Karier Siswa SMA

Authors

  • Nabila Sri Rahayu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dadang Ahmad Fajar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Yessika Nurmasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/irsyad.v12i2.39195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalirkan peran guru Bimbingan Konseling (BK) dalam membantu siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Kabupaten Bandung membuat keputusan karir yang tepat. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari guru BK dan siswa. Penelitian ini mengamati pentingnya peran guru BK dalam memberikan dukungan, informasi, dan arahan karir berdasarkan teori bimbingan konseling serta pengambilan keputusan. Pendekatan berbasis Islam dan strategi komunikasi modern, seperti pencarian informasi mandiri, juga menjadi fokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK sangat signifikan dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia pendidikan tinggi atau kerja, dengan tekanan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

References

Aprillia, L. (2024). Optimalisasi Bimbingan Karir dalam Menemukan Minat dan Bakat Siswa. (https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/33322/11528);

Ajmain, M. (2019). Peran Guru Dan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosia, Vol. 16, No. 1;

Cangara, H. (2014). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada;

Dadang Ahmad Fajar, Karsidi Diningrat. (2017). Bimbingan Karir Melalui Kegiatan Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian Wargabinaan. Jurnal Irsyad, Vol.5(4). (https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1795789&val=18995&title=Bimbingan%20Karir%20Melalui%20Kegiatan%20Keterampilan%20dalam%20Meningkatkan%20Kemandirian%20Wargabinaan);

Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana Prenamedia Group;

Hellen. (2017). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pres;

Henni Syafriana Nasution, Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Penerbit LPPPI, Medan;

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan Konseling. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada;

Irawan, M., H. L. (2020). Profil Kematangan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Medan dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Indonesia Counseling And Psychology, Vol: 1 (1);

Krumboltz, J. D. (1980). THE EFFECT OF DECISION TRAINING ON CAREER DECISION-MAKING COMPETENCE. Approved for public release; distribution;

Micthell, L. K & Krumboltz, J. D. (1987). The Effects of Cognitive Restructuring and Decision-Making Training on Career Indecision. Journal Of Counseling and Development, (4) 66;

Munandir. (2016). Program Bimbingan Karier Di Sekolah. Jakarta: Jalan Pintu Satu;

Prayitno. (2018). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta;

RI, D. A. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Penerbit Jumanatul Ali;

Siradj, S. (2012). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Surabaya: PT. Revka Petra Media;

Sukardi, D. K. (2010). Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. jakarta: Balai Pustaka;

Sukardi, D. K. (2015). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta;

Super, D. E. (1980). A Life -Span, Life Space Approach to Career Development. Journal of Vocational Behavior, 16 (1);

Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: UPI;

Surya, M. (2018). Dasar-Dasar Konseling Pendidikan (Teori dan Konsep). Yogyakarta: Kota Kembang;

Tarmizi. (2018). Profesionalisasi profesi konselor berwawasan Islami. Medan: Perdana Publishing;

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan kelas. Yogyakarta: Diva Press;

Winkel, W. S. & S. H. (2021). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi;

Yusuf, L. S. (2006). psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: Rosda Karya;

Downloads

Published

2024-10-30 — Updated on 2024-10-30

How to Cite

Rahayu, N. S., Fajar, D. A., & Nurmasari, Y. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengambil Keputusan Karier Siswa SMA. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 12(2), 183–202. https://doi.org/10.15575/irsyad.v12i2.39195

Citation Check

Most read articles by the same author(s)