Peran Guru BK dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa

Authors

  • Zahra Atiyatun Rahmaniyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Wiryo Setiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/irsyad.v12i2.39311

Abstract

Remaja dari keluarga broken home sering mengalami tantangan emosional dan psikologis, terutama rendahnya percaya diri, yang memengaruhi kemampuan diri dan hubungan sosial mereka.Kondisi ini mengganggu prestasi akademik karena kurangnya percaya diri memengaruhi belajar, konsentrasi, dan motivasi. Penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa broken home di SMAN 27 Bandung memiliki rasa percaya diri rendah, merasa diabaikan, tidak peduli dengan lingkungan dan cenderung menarik diri, (2) guru BK menggunakan konseling individu dan kelompok melalui tahap pengenalan masalah, diagnosis, intervensi, evaluasi, serta kolaborasi dengan orang tua dan guru, (3) upaya guru BK belum berhasil secara signifikan dalam meningkatkan percaya diri siswa karena memerlukan waktu dan proses berkelanjutan.

References

Afifah, A. D., Et. Al, 2023. Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA N 1 Raman Utara. Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum. 1(4) (2023),375 November.;

Ardilla, Cholid, N, 2021. Pengaruh Broken Home. Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa. 6(1), Mei 2021.;

Aristiani, R, 2016. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(20), 1-8.;

Ariyanto, K. 2023. Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak. Jurnal Ilmu Multidisiplin, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung. 3(1), 2023,15-23.;

Adlhiyani, I., Tajiri. H., dan Eryanti, D. 2022. Metode Bimbingan Agama Untuk Meningkatkan Akhlak Karimah Remaja Broken Home. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling Dan Psikoterapi Islam. 9(1), 2022, hal.1-18.;

Chodijah, S, 2016. Model Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Meningkatkan Akhlak Mahasiswa. Ilmu Dakwah: Academis Journal For Homiletic Studies. 10(1), 2016, hal 129-146.;

Fatchurahman, M., & Pratikto, Herlan. 2012. Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dan Kenakalan Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 77-78.;

Immanuel, f. C.,2015. Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Di Desa Budaya Sungai Bawang Kecamatan Muara Badak Kab. Kutai Kartanegara. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 2015,1185.;

Inkirawang. R. R., Et Al, 2020. Kewajiban Negara Dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lex Privatum VIII No. 2, April-Juni 2020, Hal. 143-151.;

Mahnunin. J., Et Al., 2021. Identifikasi Tingkah Laku Siswa Dari Keluarga Broken Home (Studi Kasus Tentang Keluarga Broken Home Dan Tingkah Laku Siswa MTs). Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia. 4(1),2021,29-44.;

Ningsih, D.A.K, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perceraian Melalui Gadget (Study Kasus Kampung Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah). (Skripsi Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Metro).;

Nia, H. V., 2023. Hubungan Penguasaan Konsep Diri Dengan Perilaku Keagamaan Remaja Karang Taruna Dusun Ngarolingi Desa Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. (Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Mas Said Surakarta).;

Rahmadana, W., Et. Al, 2024. Urgensi Guru BK Individual Di Sekolah Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa di MAN 1 Medan. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan dan Konseling Keluarga, 6(1),1-8.;

Ochtaviani. S., 2023. Implementasi Layanan Konseling Individual Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Di SMA Negeri 1 Delima. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Rainiry Banda Aceh.;

Pristiwanti. D. Et al, 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4(1) 2022,7911-7915.;

Rais, M.R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad: jurnal pendidikan dan konseling, 12(1), 40-47.;

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.;

Putro. K. Z., 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. 17(1), 2017, 25-32.;

Setiana. W. et al, 2023. Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Upaya Mengurangi Kebiasaan Anak Bermain Game Online. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam. 10(1), 2023, hal.1-18.;

Setiana, W. et al, 2018. Teknik Bimbingan Kelompok Melalui Metode Wide Game Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam. 6(1), 2018, 1-19.;

Downloads

Published

2024-10-30 — Updated on 2025-04-26

Versions

How to Cite

Rahmaniyah, Z. A., & Setiana, W. (2025). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 12(2), 223–242. https://doi.org/10.15575/irsyad.v12i2.39311 (Original work published October 30, 2024)

Citation Check

Most read articles by the same author(s)