Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kelas XI Yang Mengalami Broken Home
DOI:
https://doi.org/10.15575/irsyad.v13i1.40734Abstract
References
Aisyah, S. H., Bahiyah, K., Prasetiya, B., & Kusumawati, D. (2022). Dampak Psikologi Terhadap Kehidupan Anak Korban Broken Home. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.46773/alathfal.v3i2.485.
Arifin M, (1979). Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuliuhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang.
Armayani, H. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas XI Mas Pab 4 Klumpang T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), 1–11. https://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimedu/article/view/914
Baiquni, Ahmad Nizar. (2016). Jika Salah Mengasuh Dan Mendidik Anak-Anak. Yogyakarta: PT Rosdakarya.
Daulay, N., Ashari, A., Rahmayani, H. D., Siregar, N. S., Azhar, P. N., & Tambunan, R. S. P. (2023). Urgensi Layanan Konseling Individu Terhadap Siswa Broken Home Di Smp Negeri 5 Kota Medan. Warta Dharmawangsa, 17(2), 650–661. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3178
Dewa Ketut Sukardi dan Nila Kusmawati (2008) Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dian Bangabua, Pandang, A., & Saman, A. (2024). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Penanganannya. Guidance:Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 21(12), 78–89.
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah Ulva, M. Y. (2021). Implementasi Metode Home Visit Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.
Hallen. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching
Hamalik. Oemar. (2002). Profesi Keguruan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik. Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Herdiani, M., Kusnawan, A., & Tajiri, H. (2018). Strategi Kolaboratif Guru BK dengan Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 6(1), 20–37
I. Ketut Sudarsana Dkk, (2020). Covid-19: Persfektif Agama Dan Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.
Ibrahim, M. B. (2019). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Smartphone Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal BKI Uin-Su Tahun 2019, 1(1), 1–9. http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Almursyid/Article/View/603/514.
Imron Muttaqin, B. S. (2018). Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1956
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslih, M., & Harini, S. (2015). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Religiusitas Siswa Terhadap Orientasi Kerja. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(2), 35–48. https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2015.122-04
Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2009). Wawancara Konseling (Membedah Konsep dan Praksis Wawancara Konseling). Padang: Universitas Negeri Padang
Rahman Wahid, Yusuf Tri Herlambang, Ani Hendrayani, & Sigit Vebrianto Susilo. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2397
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana
Satriah, L. (2020). Bimbingan Konseling Pendidikan. Bandung: CV. Miimbar Pustaka
Setiadi, G., M. Sholihun, & Nurma Yuwita. (2020). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Darut Taqwa Pasuruan. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 89–107. https://Doi.Org/10.51339/Isyrof.V2i2.224
Sigiro, J. S., Alexander, F., & Al-ghifari, M. A. (2022). Dampak Keluarga Broken Home pada Kondisi Mental Anak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 01(2), 766–775. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2498
Soekanto, Soerjono. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Soemardjan, Selo dan Soelaeman Soemardi. (1964). Setangkai bunga Sosiologi. Edisi pertama. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers
Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral Dan Psikososial Siswa Kelas V Sdn 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter), 2(1), 9-16.
Uno, H. B. (2014). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Yusuf, S. & Nurihsan, A. J. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zubaidah & Risnawati (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta. PT Plosokuning
Downloads
Published
Versions
- 2025-04-26 (2)
- 2025-03-30 (1)