Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kelas XI Yang Mengalami Broken Home

Authors

  • Fauzan Halim Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Wiryo Setiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ucin Muksin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/irsyad.v13i1.40734

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi peran guru BK dalam mengatasi siswa broken home, (2) menganalisis pendekatan yang digunakan dalam menangani siswa broken home, dan (3) mengevaluasi hasil penanganan siswa broken home di kelas XI. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap dua guru BK di SMK Negeri 1 Subang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru BK berperan sebagai motivator, konselor, dan koordinator dalam menangani siswa broken home, (2) pendekatan yang digunakan adalah konseling individual dengan fokus pada pengembangan resiliensi dan pemulihan psikologis, (3) penanganan menunjukkan hasil positif berupa peningkatan kemampuan adaptasi sosial, perbaikan prestasi akademik, dan pengembangan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya peran guru BK dalam memberikan dukungan komprehensif bagi siswa broken home melalui pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan

References

Aisyah, S. H., Bahiyah, K., Prasetiya, B., & Kusumawati, D. (2022). Dampak Psikologi Terhadap Kehidupan Anak Korban Broken Home. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.46773/alathfal.v3i2.485.

Arifin M, (1979). Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuliuhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Armayani, H. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas XI Mas Pab 4 Klumpang T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), 1–11. https://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimedu/article/view/914

Baiquni, Ahmad Nizar. (2016). Jika Salah Mengasuh Dan Mendidik Anak-Anak. Yogyakarta: PT Rosdakarya.

Daulay, N., Ashari, A., Rahmayani, H. D., Siregar, N. S., Azhar, P. N., & Tambunan, R. S. P. (2023). Urgensi Layanan Konseling Individu Terhadap Siswa Broken Home Di Smp Negeri 5 Kota Medan. Warta Dharmawangsa, 17(2), 650–661. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3178

Dewa Ketut Sukardi dan Nila Kusmawati (2008) Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dian Bangabua, Pandang, A., & Saman, A. (2024). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Penanganannya. Guidance:Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 21(12), 78–89.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah Ulva, M. Y. (2021). Implementasi Metode Home Visit Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.

Hallen. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching

Hamalik. Oemar. (2002). Profesi Keguruan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik. Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Herdiani, M., Kusnawan, A., & Tajiri, H. (2018). Strategi Kolaboratif Guru BK dengan Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 6(1), 20–37

I. Ketut Sudarsana Dkk, (2020). Covid-19: Persfektif Agama Dan Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Ibrahim, M. B. (2019). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Smartphone Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal BKI Uin-Su Tahun 2019, 1(1), 1–9. http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Almursyid/Article/View/603/514.

Imron Muttaqin, B. S. (2018). Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1956

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslih, M., & Harini, S. (2015). Peran Guru Bk Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Religiusitas Siswa Terhadap Orientasi Kerja. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(2), 35–48. https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2015.122-04

Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2009). Wawancara Konseling (Membedah Konsep dan Praksis Wawancara Konseling). Padang: Universitas Negeri Padang

Rahman Wahid, Yusuf Tri Herlambang, Ani Hendrayani, & Sigit Vebrianto Susilo. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2397

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana

Satriah, L. (2020). Bimbingan Konseling Pendidikan. Bandung: CV. Miimbar Pustaka

Setiadi, G., M. Sholihun, & Nurma Yuwita. (2020). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Darut Taqwa Pasuruan. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 89–107. https://Doi.Org/10.51339/Isyrof.V2i2.224

Sigiro, J. S., Alexander, F., & Al-ghifari, M. A. (2022). Dampak Keluarga Broken Home pada Kondisi Mental Anak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 01(2), 766–775. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2498

Soekanto, Soerjono. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Soemardjan, Selo dan Soelaeman Soemardi. (1964). Setangkai bunga Sosiologi. Edisi pertama. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers

Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral Dan Psikososial Siswa Kelas V Sdn 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter), 2(1), 9-16.

Uno, H. B. (2014). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, S. & Nurihsan, A. J. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zubaidah & Risnawati (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta. PT Plosokuning

Downloads

Published

2025-03-30 — Updated on 2025-04-26

Versions

How to Cite

Halim, F., Setiana, W., & Muksin, U. (2025). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kelas XI Yang Mengalami Broken Home. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 13(1), 21–44. https://doi.org/10.15575/irsyad.v13i1.40734 (Original work published March 30, 2025)

Citation Check

Most read articles by the same author(s)