MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT PADA PONDOK PESANTREN UNTUK PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI


Miftahul Fikri(1*), Ara Hidayat(2), Muhibbin Syah(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini membahas manajemen hubungan masyarakat untuk pendidikan akhlak santri. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui manajemen hubungan masyarakat yang dilakukan pondok pesantren untuk pendidikan akhlak santri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan observasi, teknik analisis data menggunakan analisis eksplanasi building terjadi secara sistematis dan mengikuti format standar pengkodean terbuka, pengkodean aksial, pengkodean selektif dan menggambarkan matriks kondisional. Hasil penelitian ini adalah lebih berfokus pada orang tua santri dan masyarakat sekitar pesantren. Pendekatan dalam manajemen hubungan masyarakat adalah pendekatan kultural dan struktural. Pendekatan kultural di antaranya memberikan kebermanfaatan pesantren pada masyarakat lingkungan sekitar, pesantren sekitar dan dakwah di lingkungan. Pendekatan struktural di antaranya membangun kanal-kanal komunikasi sesuai struktur organisasi yang ada berdasarkan kebutuhan masyarakat, agar manajemen bisa berjalan dengan baik dan keinginan masyarakat terpenuhi dengan cepat. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengimplikasikan tentang manajemen hubungan masyarakat dan mengembangkan pemahaman ilmu Manajemen Pendidikan Islam terhadap pelaksanaan manajemen hubungan masyarakat di pondok pesantren, khususnya pondok pesantren Nuruzzaman Bandung.

Full Text:

PDF

References


Efendi, O. U. (1993). Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju.

Elerath, M. (1997). Managing Syistematic and Ethical Public Relation Compaigns. New York: Beanchmark publisher.

Fauzi, S., & Fajrin, N. (2022). Peran Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Masyarakat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-02

Habib, M., Sihombing, U. M., Rahmadani, U., & Wirahayu. (2021). Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 269–275.

Kholida, L. (2015). PERAN MANAJEMEN MASYARAKAT PENDIDIKAN ISLAM YAYASAN MUJAHIDIN DI DESA TRIMULYA KABUPATEN KONAWE. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, (April), 81–96.

Murni. (2017). Konsep Manajemen Humas pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita, 05(01), 29–31. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4352

Panggabean, M. S. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ruslan, R. (2001). Manajemen Public Relation; Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Scott, C. M. (2009). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sodiah. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Dan Sekolah. Sosial Budaya, 13(1), 89–100. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/3468

Suntiah, R., Fikri, M., & Assidiqi, M. H. (2020). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 24–36.

Usman, H. (2006). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v8i1.24662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.