MANAJEMEN PESERTA DIDIK

Jaja Jahari, Heri Khoiruddin, Hany Nurjanah

Abstract


Manajemen peserta didik bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi pada madrasah. Peserta didik dikelola dengan baik dan benar supaya dapat di ukur keberhasilannya prestasi peserta didik pada lembaga pendidikan.Manajemen peserta didik merupakan usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan lulus sekolah, adapun kegiatan dari manajemen peserta didik adalah perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena. Data yang diperoleh berupa data dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh simpulan bahwa Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung didirikan selama 25 tahun menciptakan peserta didik yang unggul dengan konsep manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah al-Mursyid melalui kegiatan perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik, dan mutasi.

Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Auwzid dan Karwanto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, tentang Manajemen Peserta Didik Di Smp Baitussalam Surabaya, Vol. 4 No. 4, April 2014.

Badrudin, (2013). Dasar-Dasar Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Badrudin, (2014). Manajemen Peserta Didik, Jakarta Barat: Indeks.

Dini Oktaria, Jurnal Administrasi Pendidikan. Persepsi Siswa Tentang Manajemen Peserta Didik di SMK Tri Dhrama Kosgoro 2 Padang. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

Eka Prihatin. (2014). Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.

Gathut Oktriwan Sumarsono dan Desi Nurhikmahyanti. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Sebagai Pem bentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Pilangkenceng Kabupaten Madiun, Vol. 4 No. 4, April 2014.

Gilang Cahyo N. T, Jurnal Inprovement, Manajemen Pembinaan Peserta Didik Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Smp Negeri 232 Jakarta, Edisi 3, 2015.

https://jurnalimprovement.wordpress.com/2016/07/13/pembinaan-peserta-didik/ di akses pada tanggal 12 Februari 2018 pukul 21.00 WIB

Jaja Jahari dan Amirulloh Syarbini. (2013). Manajemen Madrasah, Bandung: Alfabeta.

Nurul Rahmi, Jurnal Administrasi Pendidikan. Persepsi Guru Tentang Manajemen Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

Suwardi dan Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik, Yogjakarta: Gava Media.

Tim Dosen UPI. (2017). Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.