MANAJEMEN PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009Abstract
Manajemen peserta didik bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi pada madrasah. Peserta didik dikelola dengan baik dan benar supaya dapat di ukur keberhasilannya prestasi peserta didik pada lembaga pendidikan.Manajemen peserta didik merupakan usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan lulus sekolah, adapun kegiatan dari manajemen peserta didik adalah perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena. Data yang diperoleh berupa data dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh simpulan bahwa Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung didirikan selama 25 tahun menciptakan peserta didik yang unggul dengan konsep manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah al-Mursyid melalui kegiatan perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik, dan mutasi.
Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, MadrasahReferences
Auwzid dan Karwanto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, tentang Manajemen Peserta Didik Di Smp Baitussalam Surabaya, Vol. 4 No. 4, April 2014.
Badrudin, (2013). Dasar-Dasar Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Badrudin, (2014). Manajemen Peserta Didik, Jakarta Barat: Indeks.
Dini Oktaria, Jurnal Administrasi Pendidikan. Persepsi Siswa Tentang Manajemen Peserta Didik di SMK Tri Dhrama Kosgoro 2 Padang. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.
Eka Prihatin. (2014). Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
Gathut Oktriwan Sumarsono dan Desi Nurhikmahyanti. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Sebagai Pem bentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Pilangkenceng Kabupaten Madiun, Vol. 4 No. 4, April 2014.
Gilang Cahyo N. T, Jurnal Inprovement, Manajemen Pembinaan Peserta Didik Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Smp Negeri 232 Jakarta, Edisi 3, 2015.
https://jurnalimprovement.wordpress.com/2016/07/13/pembinaan-peserta-didik/ di akses pada tanggal 12 Februari 2018 pukul 21.00 WIB
Jaja Jahari dan Amirulloh Syarbini. (2013). Manajemen Madrasah, Bandung: Alfabeta.
Nurul Rahmi, Jurnal Administrasi Pendidikan. Persepsi Guru Tentang Manajemen Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.
Suwardi dan Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik, Yogjakarta: Gava Media.
Tim Dosen UPI. (2017). Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

