MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN ‎METODE KAIDAH DAN TERJEMAH DI SMP PLUS AL-AQSHA


Ida Siti Nurhamidah(1*), A. Heris Hermawan(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran, dan  keberhasilan yang dicapai dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode kaidah dan terjemah di SMP Plus Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif metode deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat di ambil. Data ini hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode kaidah dan terjemah mengacu pada kurikulum/ RPS yang sudah disusun oleh bagian kurikulum, tim pengembang kurikulum, dan guru mata pelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab terdapat tiga bagian yaitu pendahuluan, inti dan penutup/evaluasi. Evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengevaluasi strategi pembelajaran, dan evaluasi terhadap isi materi dilakukan oleh bagian kurikulum, tim pengembang kurikulum dan guru mata pelajaran dilakukan di akhir tahun, dan evaluasi hasil belajar siswa dilakukan oleh guru dalam ujian tulis dan lisan. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat faktor penunjang yaitu pendidik dan ekstrakurikuler sedangkan faktor penghambatnya yaitu peserta didik dan media pembelajaran. Adapun hasil yang dicapai dapat dilihat dari prestasi peserta didik yang didapat.

Kata kunci : manajemen, manajemen pembelajaran, bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Badrudin, B. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK di ‎Madrasah Aliyah Daarul Uluum Majalengka. MANAGERIA: Jurnal ‎Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 155–167.‎

https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-08‎

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal ‎Pemikiran Islam, 37(1), 82–88.‎

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/315‎

Huseyinli, A., Murniati, M., & Usman, N. (2014). Manajemen Guru Dalam ‎Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Fatih ‎Bilingual School Lamlagang Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : ‎Program Pascasarjana Unsyiah, 2(2), 109–119.‎

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2515‎

Makruf, I. (2016). Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah ‎Berbasis Pondok Pesantren. Cendekia: Journal of Education and Society, ‎‎14(2), 265. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.570‎

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.‎

Syafaruddin, S., & Nasution, I. (2005). Manajemen Pembelajaran. Quantum ‎Teaching.‎

Tumaji, S. T. (2018). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab. DAR El-ILMI ‎‎(Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 107–122. ‎http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1084‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.5621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.