PELAKSANAAN MANAJEMEN REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MUKHLISIN


Bella Nur Arifa(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin mulai dari analisis kebutuhan, analisis jabatan, menentukan calon yang tepat, memilih metode yang paling tepat, memanggil calon yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan, menyeleksi calon tenaga pendidik baru, hingga penempatan tenaga pendidik baru, hasil dan faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin dilakukan dengan cara sederhana dan kekeluargaan. Tahapan yang dilakukan adalah analisis kebutuhan, dengan menganalisis kondisi lingkungan madrasah berupa kekosongan jabatan yang ada. Analisis jabatan, dengan menentukan syarat umum calon tenaga pendidik untuk mengisi lowongan yang dibutuhkan, seperti kualifikasi pendidikan S1. Menentukan calon yang tepat, melalui sumber eksternal (dari luar) lingkungan madrasah. Memilih metode yang paling tepat, melalui rekomendasi tenaga pendidik atau staff madrasah dan iklan di sosial media. Memanggil calon yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan yang disesuaikan dengan kebutuhan madrasah dan kebijakan Kepala Madrasah. Menyeleksi calon tenaga pendidik baru melalui pemeriksaan administrasi atau berkas lamaran serta proses wawancara secara santai dan sederhana oleh Kepala Madrasah. Penempatan tenaga pendidik baru, dilakukan secara langsung mengisi jabatan yang dibutuhkan saat itu sesuai dengan keputusan Kepala Madrasah. Hasil dari pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik yang dilakukan madrasah tersebut dikatakan baik, karena setiap tahapan telah dilaksanakan.

Full Text:

PDF

References


Agus, Moh. T. (1992). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia ‎Pustaka Utama.‎

Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. PANCAWAHANA (Jurnal Studi ‎Islam), 10(2), 1–14.‎

Fuadah, F. S., & Sanusi, H. P. (2017). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI ‎PONDOK PESANTREN. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15575/isema.v2i2.5001‎

Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi ‎Aksara.‎

Jahari, J. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan (Untuk ‎Peningkatan Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing Global). Yayasan ‎Darul Hikam.‎

Lisnandari, L. (2019). Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidikan Di Madrasah ‎Aliyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 76–83. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5011‎

Mangkuprawira, Tb. S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. ‎Ghalia Indonesia.‎

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja ‎Rosdakarya.‎

Permana, W. A. (2020). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam ‎Meningkatkan Mutu Lulusan‎. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 5(1), 83–96. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5989‎

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, T. D. A. P. U. (2010). Administrasi ‎Pendidikan. Alfabeta.‎

Yuniarsih, T., & Suwanto, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, ‎Aplikasi dan Isu Penelitian. Alfabeta.‎

Yusuf, B. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan ‎Syariah. Raja Grafindo Persada.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.5740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.