PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM ‎MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM CENDEKIA ‎CIANJUR
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579Abstract
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu penunjang proses pembelajaran. Sarana dan prasarana harus dikelola dengan baik yang dimaksudkan agar pada saat proses pembelajaran sarana dan prasarana dapat digunakan dengan optimal, efektif dan efisien, sehingga dapat menunjang dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Pengelolaan sarana dan prasarana yang kurang optimal akan menghambat pada tercapainya tujuan yang efektif dan efisien, seperti tata kelola manajerial dalam segi inventarisasi yang belum diterapkannya sistem pengkodean pada barang, serta belum dilakukannya penghapusan pada barang yang sudah tidak dipakai dan masih ada beberapa pengelolaan yang pencatatan sarana dan prasrananya masih bersifat kondisional belum tertuang dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai pengelolaan sarana dan prasarana, serta untuk mengetahui peran dan upaya yang dilakukan dalam pengelolaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian di SMP Islam Cendekia Cianjur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan, mengorganisasikan, memberikan makna pada data yang telah didapatkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan peran manajemen sarana dan prasarana di SMP Islam Cendekia Cianjur sangatlah berperan penting. Selain dapat mempermudah suatu pekerjaan, efektivitas proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik, aman, nyaman dan bermutu. Karena tidak dapat dipungkiri sarana dan prasarana sangat dibutuhkan baik oleh pendidik maupun peserta didik terutama dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
References
Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (2015). Ilmu Pendidikan. PT Rineka Cipta.‎
Bafadal, I. (2003). Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasinya). ‎Bumi Aksara.‎
Kompri, K. (2014a). Manajemen Pendidikan 2. Alfabeta.‎
Kompri, K. (2014b). Manajemen Sekolah Teori dan Praktik. Alfabeta.‎
Moleong, Lexy. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda ‎Karya.‎
Munir, M., & Karwanto. (2014). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam ‎Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 12 Surabaya. Jurnal ‎Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 134–140.‎
Nurabadi, A. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Fakultas ‎Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.‎
Nurbaiti, N. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. MAPEN: Jurnal ‎Manajer Pendidikan, 9(4), 536–546.‎
Nurdin, D. (2009). Kepemimpinan Mutu Pendidikan (Konsep dan Aplikasi Menuju ‎Kepemimpinan Sekolah Produktif). PT Sarana Panca Karya Nusa.‎
Prastyawan, P. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Al-‎Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 33–46. ‎https://doi.org/10.36835/hjsk.v6i1.2797‎
Rohiat, R. (2006). Manajemen Sekolah (Teori Dasar dan Praktik). Refika ‎Aditama.‎
Sanusi, H. P. (2020). Madrasah Quality Improvement Evaluation Strategic ‎Management Based. International Journal of Nusantara Islam, 8(2), 137–‎‎145. https://doi.org/10.15575/ijni.v8i2.10510‎
Sanusi, H. P., & Rosdiana, F. (2018). Manajemen Strategi Kepemimpinan ‎Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut. Jurnal Isema : ‎Islamic Educational Management, 3(2), 181–192. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5010‎
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Isema : Islamic ‎Educational Management, 4(1), 77–92. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645‎
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Hilmy, M. F. (2018). Manajemen Sarana Dan ‎Prasarana Diniyah Takmiliyah. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 3(2), 23–41. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5007‎
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).