Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ilmiah JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian orisinal  terbaru dalam ilmu murni Filsafat Islam dan Aqidah (Teologi Islam), serta cakupannya meliputi kajian filsafat kontemporer, pendidikan, sosial, dan keagamaan dari perspektif filsafat maupun aqidah. Tujuan Jurnal berkala ini adalah untuk upaya meningkatkan intensitas kajian Filsafat  Islam dan Aqidah, mengupayakan teori baru serta kontekstualisasinya bagi perkembangan intelektualitas.

Ruang lingkup JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam meliputi:

  • Kajian Filsafat Islam yang terrentang dari sub-sub kajian:
  1. Filsafat Peripatetik (Masya’iyah)
  2. Filsafat Iluminasi (Isyraqiyah)
  3. Filsafat Wujud (Wujudiyah)
  4. Filsafat Hikmah Muta’aliyah (Trancendence Theosophy)
  5. Filsafat Islam Kontemporer
  6. Filsafat Modern
  7. Filsafat Posmodern

 

  • Kajian Aqidah yang meliputi:
  1. Teologi Islam Klasik
  2. Teologi Islam Modern
  3. Teologi Islam Kontemporer
  4. Filsafat Agama

 

Dimana ruang lingkup kajian tersebut di atas bisa dikomparasikan dengan disiplin ilmu lain seperti Filsafat Hukum, Filsafat Pendidikan Islam dan lain-lain. Dengan cakupan ini JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam memiliki signifikansi spesifik sekaligus membuka kemungkinan kajian interdisipliner. Hal ini didasarkan pada duduk kepentingan dan urgensi atas peran penting kajian Filsafat Islam dalam membawa dampak pencerahan baik di kalangan masyarakat akademik maupun masyarakat secara luas.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan Review yang dijalankan oleh JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam meliputi tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Naskah yang masuk akan diproses untuk review oleh reviewer.
  2. Proses Review menggunakan Doubble Blind Review, artinya reviewer tidak mengetahui indentitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
  3. Dalam proses review, reviewer memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian selingkung antara judul, abstrak, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. Selain itu reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah dan referensi yang digunakan.

 

Publication Frequency

JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam

 

Publication Ethic

Kebijakan Review yang dijalankan oleh JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam meliputi tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Naskah yang masuk akan diproses untuk review oleh reviewer.
  2. Proses Review menggunakan Doubble Blind Review, artinya reviewer tidak mengetahui indentitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
  3. Dalam proses review, reviewer memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian selingkung antara judul, abstrak, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. Selain itu reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah dan referensi yang digunakan.

 

Tanggungjawab Editor

  1. Editor bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim editor berasaskan pada asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  4. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian editor sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Reviewer

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview
  2. Review  naskah dilakukan secara obyektif, serta didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  4. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

 Tanggungjawab Penerbit (Publisher)

  1. Prodi Filsafat Agama sebagai penerbit JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Prodi Filsafat Agama sebagai penerbit JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya maisng-masing.
  3. Prodi Filsafat Agama sebagai penerbit JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

 

Palgiarism Policies

Kebijakan Plagiarisme:

  • Artikel yang masuk akan diproses dengan proses pengecekan plagiarism.
  • Artikel dengan plagiarisme 100% dengan otomatis tertolak.
  • Jika bobot artikel disinyalir memiliki tingkat plagiasi tinggi (60% ke atas plagiat), dengan otomatis tidak akan dipores untuk diterbitkan.
Artikel masuk dengan persentase 50-50 plagiarisme, akan dipertimbangkan terlebih dahulu oleh dewan editor dan reviewer untuk diterbitkan.

 

Reference Management