Pendidikan Multikulturalisme Gus Dur


Yaser Burhani(1*), Giswah Yasminul Jinan(2), M. Iman Saepulloh(3), Raja Cahaya Islam(4)

(1) PPs UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam identitas, mulai dari etnis, adat, agama dan kebudayaan. Keberagaman itu sendiri bisa dianggap sebagai suatu kekayaan, namun tak jarang malah jadi petaka, karena bisa menimbulkan konflik. Pencegahan dan penyelesaian atas konflik itu bisa diupayakan, salah satunya melalui pendidikan. Pendidikan pun mesti dicari bentuknya agar sesuai dengan kenyataan plural masyarakat Indonesia. Pada titik inilah Gus Dur hadir sebagai figur yang mengusung pendidikan multikultural. Penelitian ini akan fokus pada pembahasan pendidikan multikulturalisme Gus Dur. Adapun metode yang digunakan adalah studi pustaka, yang mana data diambil dari suber-sumber yang relevan. Hasil penelitian ini adalah: pertama, pendidikan multikultural ala Gus Dur, menekankan keragaman budaya sebagai latar dari pendidikan; kedua, pendidikan multikultural didasarkan pada keterbukaan yang dialogis, menimbang keberagaman latar peserta didik; ketiga, pendidikan multikultural adalah jenis pendidikan yang didasarkan pada keadilan, yang mana berbasiskan HAM dan nilai-nilai demokratis, dengan demikian tiap latar belakang yang beragam akan dipandang secara “sama” di dalam ruang demokratis.


Keywords


Keadilan, Keterbukaan, Multikulturalisme

Full Text:

PDF

References


D. Daftar Pustaka

Buku

Greg Barton. Biografi Gus Dur: The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid, Yogyakarta: LKiS, 2011.

Ihwanul Mu’adib, Pendidikan Berwawasan Multikultural Sebagai upaya Kontra Radikalisme (Studi di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung-ogor), dalam Tesis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2018.

Muhammad Rifai, Gus Dur: K. H. Abdurrahman Wahid Biografi Singkat 1940-2009, Yogyakarta: Garasi, 2014.

Resdhia Maula Pracahaya, Konsep K. H. Abdurrahman Wahid Tentang Pendidikan Islam Multikultural, dalam Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2013.

Jurnal

Eko Setiawan, Pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Prinsip Pendidikan Islam: Multikulturalisme Berawawasan Keislaman, dalam Jurnal Edukasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 Juni 2017.

Herson Anwar, Pendidikan Multikultural (Tinjauan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Pesantren dan Madrasah), dalam Jurnal Irfani Vol 12, No. 1 Juni 2016.

M. Zainal Abidin, Islam dan Tradisi Lokal dalam Perspektif Multikulturalisme, dalam Jurnal Millah Vol. 8, No. 2 Februari 2009.

Miskan, M.Pd.I. Pemikiran Multikulturalisme KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam di Indonesia, dalam Jurnal, Vol. VI No.2 Edisi September 2017-Februari 2018.

Moch Shohib, Substansi Pendidikan Multikultural Perspektif Gus Dur, dalam Jurnal Edureligia Vol. 04, No 01, Januari-Juni 2020.

Sagaf F. Pettalongi, Islam dan Pendidikan Humanis dalam Resolusi Konflik Sosial, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2013, Th. XXXII.

Website

Ign. L. Adi Bhaskara, Survei Komnas HAM: Diskriminasi Etnis dan Ras Masih Terus Ditolelir, https://amp.tirto.id/survei-komnas-ham-diskriminasi-etnis-ras-masih-terus-dilolelir-dahP, 21 November 2018.

Pelaku Rasisme Bisa Dijerat UU Diskriminasi Ras dan Etnis, https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/pwxxvo409, 28 Agustus 2019.




DOI: https://doi.org/10.15575/jaqfi.v5i2.10464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam

Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Email: jaqfi@uinsgd.ac.id

e-Issn: 2714-9420

p-Issn: 2541-352X


 


INDEKS

Google Scholar Hasil gambar untuk index copernicus

 

______________

 

View MyStat View MyStat