TINJAUAN TEOLOGI ISLAM ATAS KOMUNIKASI PEMIMPIN LEMBAGA PENDIDIKAN (Signifikansi sifat Nabi Muhammad saw., atas kepemimpinan dan komunikasi)


Unang Sudarma(1*), Asep Mulyana(2), Sofyan Sauri(3), Faiz Karim Fatkhullah(4), Iu Rusliana(5)

(1) UNINUS (Universitas Islam Nusantara), Indonesia
(2) UNINUS (Universitas Islam Nusantara), Indonesia
(3) UNINUS (Universitas Islam Nusantara), Indonesia
(4) UNINUS (Universitas Islam Nusantara), Indonesia
(5) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Dalam suatu struktur lembaga pendidikan, fungsi komunikasi sangat vital. Fungsi komunikasi harus berjalan dengan baik karena di dalam lembaga yang diisi oleh pelbagai pos dengan posisi berbeda, harus terjadi kesepahaman. Selama ini, dalam sistem komunikasi, banyak terjadi disrupsi kesepahaman antara pelbagai posisi yang ada di dalam struktur pendidikan, terutama disebabkan oleh komunikasi dari pemimpin sebagai ketua kepada anggota yang bersifat asimetris. Sejumlah penelitian menunjukkan pentingnya peran komunikasi pemimpin kepada anggota. Penelitian ini akan meninjau sejauh mana pengaruh teologi Islam dalam menentukan karakter dan pada gilirannya penyampaian komunikasi dari ketua ke anggota, sebagai bagian yang bersifat a priori secara filosofis dan teologis. Melalui pendekatan literatur—teologi Islam, komunikasi, dan pendidikan—dengan deskripsi analitik, penelitian ini akan melihat keterkaitan langsung antara teologi Islam dengan sifat komunikasi dari ketua ke anggota. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pengaruh sejumlah poin ajaran teologi Islam sangat mempengaruhi komunikasi; terutama bagi pemimpin pada anggota dalam lembaga pendidikan. Penekanan paling mencolok muncul dari pemahaman sifat Amanah (jujur) dan tabligh (menyampaikan) melalui imitasi sifat Nabi agung Muhammad saw.

 

Kata Kunci: kepemimpinan, komunikasi, pendidikan, teologi Islam,

 

Abstract

In an educational institution structure, the function of communication is very vital. The communication function must work well because within the institution, which is filled by various posts with different positions, there must be an understanding. So far, in the communication system, there has been a lot of disruption of understanding between various positions in the educational structure, mainly due to asymmetrical communication from the leader as chairman to members. A number of studies show the important role of leader-to-member communication. This study will review the extent of the influence of Islamic theology in determining the character and in turn the delivery of communication from the chairman to members, as part of a philosophical and theological a priori. Through a literature approach—Islamic theology, communication, and education—with analytic descriptions, this study will look at the direct relationship between Islamic theology and the nature of communication from chairman to members. In this study it was found that the influence of a number of points of Islamic theological teachings greatly affects communication; especially for leaders in members in educational institutions. The most striking emphasis comes from understanding the nature of Amanah (honest) and tabligh (delivering) through imitation of the nature of the great Prophet Muhammad.

 

Keywords: leadership, communication, education, Islamic theology,


Keywords


kepemimpinan, komunikasi, pendidikan, teologi Islam,

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aam Amiruddin, Al-Quran Terjemah, Al-Mu'asir Kontemporer, Bandung: Khazanah Intelektual, 2015

Al-Firdaus, Iqra, Kiat Hebat Public Relations ala Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Najah, 2013.

Jalaluddin Rakhmat, Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja Karya, 1989.

Kartono Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers, 2005.

M Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah, Jakarta: Penerbit Lentera, 2017.

Munir (dkk), Metode Dakwah, Jakarta: Kencana, 2009.

Seyyed Hossein Nasr, Islam dalam Cita dan Fakta, LEPPENAS: Jakarta, 1989, h. 1

Stewart L Tubbs; Sylvia Moss, Human communication : principles and contexts, Boston : McGraw-Hill Higher Education, 2008

Toto Tasmara, Komunikasi Dakwah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997.

Jurnal

Faiqatul Husna, KEPEMIMPINAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM, Misykat, Volume 02, Nomor 02, Desember 2017, h. 131-154

Nashria Rahayuning Tyas, MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW, Jurnal Muslim Heritage. vol. 4 No 2, November 2019, h. 261-279

Sakdiah, KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM (KAJIAN HISTORIS FILOSOFIS ) SIFAT-SIFAT RASULULLAH, Jurnal Al-Bayan / VOL. 22 NO. 33 JANUARI - JUNI 2016, h. 29-49

Yani, M. (2021). KONSEP DASAR KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN DALAM. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam, 157-169.

Zuchairiny, A. (2008). HUMAN RELATION DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Hunafa Vol. 5, No.2, Agustus , 189-200.




DOI: https://doi.org/10.15575/jaqfi.v6i2.15077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam

Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Email: jaqfi@uinsgd.ac.id

e-Issn: 2714-9420

p-Issn: 2541-352X


 


INDEKS

Google Scholar Hasil gambar untuk index copernicus

 

______________

 

View MyStat View MyStat