Konsep Konsumerisme Masyarakat Modern dalam Kajian Herbert Marcuse


Rina Octaviana(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin hari semakin berubah dan meluas hingga memberikan dampak yang sangat signifikan di kehidupan manusia. Dari berkembangnya zaman ini sudah pasti akan memberikan berbagai dampak baik itu negatif dan positif. Kritik mengenai zaman globalisasi ini salah satunya dilontarkan oleh seorang filsuf Jerman ternama dan juga seorang pemikir kiri baru yang bernama Herbert Marcuse. Perkembangan zaman yang membuat masyarakat saat ini berkiblat hanya pada satu dimensi saja yaitu kapitalisme. Kemudian dari kejadian ini lahirlah suatu budaya baru yang dinamakan budaya konsumerisme. Budaya konsumerisme ini adalah suatu paham atau ideologi yang dijadikan panutan oleh masyarakat modern dalam segi gaya hidupnya yang menganggap bahwa barang-barang yang mewah merupakan tolak ukur dari kebahagiaan, kesenangan, dan pemuas hasrat manusia. Kegemaran masyarakat pada era modern ini dalam hal berbelanja dan memenuhi kebutuhan menjadikan budaya ini menjadi budaya yang tidak hemat. Adapun yang dimaksud dengan masyarakat modern adalah masyarakat yang ditandai dengan berbagai teknologi yang mereka miliki. Masyarakat modern ini sangat mudah untuk diidentifikasi, semakin canggihnya teknologi yang mereka punya maka itulah yang disebut dengan masyarakat modern

Penelitian ini dilakukan untuk lebih mengetahui mengenai masyarakat modern dan juga berbagai bentuk konsumerisme masyarakat modern dalam kajian Herbert Marcuse. Kecanggihan dari teknologi dan kemajuan dari globalisasi memang sangat memberikan dampak baik bagi kehidupan manusia, namun tidak menafikan juga terdapat dampak buruk yang sangat besar yang dialami oleh manusia. Maka dari itu dengan lebih dibahasnya permasalahan mengenai masyarakat modern dan konsumerisme ini, maka  diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi agar masyarakat tidak terbuai dengan berbagai efek negative yang diberikan oleh arus globalisasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif  melalui studi pustaka. Studi pustaka merupakan metode dengan tahapan mengumpulkan berbagai data dan penelitian terdahulu guna menjawab permasalahan masyarakat modern dan bentuk konsumerisme masyarakat modern yang terjadi pada era globalisasi saat ini. Adapun berbagai sumber data yang digunakan berasal dari buku, artikel, jurnal, skripsi, atau bahkan dari film.  Penelitian ini disusun dengan cara mendeskripsikan berbagai macam pengertian dan sumber yang ada kemudian dibahas serinci mungkin.

Hasil penelitian ini kemudian menemukan bahwa perilaku masyarakat modern saat ini memang menjadi suatu perilaku yang sulit untuk dihindari. Mengingat semakin berkembangnya kemajuan teknologi membuat masyarakat terbuai dengan kenyamanan yang diberikan oleh zaman modern ini. Berbagai kebutuhan palsu dapat berubah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Meningkatnya budaya baru yang disebut Budaya Konsumerisme merupakan suatu budaya yang dilahirkan dari kemajuan arus globalisasi. Masyarakat kemudian menjadi makhluk dengan tingkat refresif yang tinggi. Dalam bukunya One Dimensional Man, Herbert Marcuse dengan gamblang mengatakan bahwa masyarakat modern saat ini merupakan masyarakat berdimensi satu yang telah telah berkiblat pada satu budaya yaitu budaya konsumerisme.


Keywords


Kata kunci: masyarakat modern; konsumerisme; Herbert Marcuse; dan kapitalisme

Full Text:

PDF

References


Marcuse, Herbert. 2016. Manusia Satu Dimensi. Yogyakarta: Narasi.

Marcuse, Herbert. 2018. Eros dan Peradaban. Yogyakarta: Tanda Baca.

Marcuse, Herbert. 1998. Technology, War, and Fascism. London: Routledge.

Storey, John. 2007. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Boer, Kheyene M, dkk. 2014. Cyberspace and Culture.Yogyakarta: Mata Padi Pressido.

Ihza, Yustiman. 2013. Bujuk Rayu Konsumerisme. Depok: Linea Pustaka.

Sukma, Oman. 2005. Sosiologi dan Politik Ekonomi. Malang: UMM Press

Piliang, Yasraf A. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Chaney, David. 1996. Lifestyles; Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasuttra.

Lury, Celia. 1998. Budaya Konsumen. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Featherstone, Mike. 2005. Posmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tuner, Bryan. 2008. Teori-teori Sosiologi Modernitas Postmodernisas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudarminta. J. 1983. Kritik Marcuse Terhadap Masyarakat Industri Modern. Jakarta: PT. Gramedia. Dalam M.

Sasatrapratedja (ed), Manusia Multi Dimensional.

Strinati, Dominic. 2010. Popular Culture:Pengantar Menuju Budaya Popular. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana

Baudrillard, Jean. 2005. Masyarakat Konsumsi, terj. Wahyunto. Yogyakarta: L Kreasi Waana

Karim , Abdul M. 2009. Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Sutrisno, Mudji. 2008. Filsafat Kebudayaan – ihtiar Sebuah Teks, Cet-Pertama Jakarta: Hukan Kabisat

A. Hasyimy. 1975. Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Bulan Bintang

Yatim, Badri. 1999. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT Raja Grafinda Persada

Sinaga, Dannerius. 1988. Sosiologi dan Antropologi. Klantan: PT Intan Pariwara.

Heryanto Januar. Pergeseran Nilai dan Komsumerisme di Tengah Krisis ekonomi di Indonesia. Vol 6. No. 1.

Rohman, Abdur. 2016. Budaya Konsumerisme dan Teori Kebocoran di Kalangan Mahasiswa. Karsa: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman. Vol 24. No. 2.

Imamuddin Yuliadi, Analisis Makro Ekonomi Indonesia Pendekatan ISLM, Jurnal Ekonomi Pembangunan , 8/2 (2001): hal 171

Mugeni. Fetrianna T. 2017. Gaya Hidup Shopaholic Sebagai Bentuk Perubahan Perilaku di Kalangan Sosialita. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Falach. Ghulam. 2018. Konsumerisme Manusia Satu Dimensi Tesis Aqidah dan Filsafat Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jaqfi.v5i1.6267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam

Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Email: jaqfi@uinsgd.ac.id

e-Issn: 2714-9420

p-Issn: 2541-352X


 


INDEKS

Google Scholar Hasil gambar untuk index copernicus

 

______________

 

View MyStat View MyStat