Effectiveness of Cooperative Learning Model and Direct Instruction for Student Learning Achievement


Mutia Alhaq(1), Muhamad Arif Nugraha(2*), Oding Oding(3)

(1) MTs Darul Falah Cisurupan Garut, Indonesia
(2) SMA PGII 2 Bandung, Indonesia
(3) KUA Banjaran, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Based on the problems that occur where there are still many students who have not completed their learning achievements, they try to apply a model like this, the study aims to determine the extent to which the effectiveness of cooperative learning and direct instruction learning models can can be used to teach the practice of worship in the management of corpses. The research method used in this study was a quasi-experimental design with a pretest-postest control group design and a quantitative approach. Where the population of this research is all 8th grade students of Mts Darul Falah PPI 61 Cisurupan. The data obtained is the result of the instrument in the form of test questions for the pretest and posttest, and documentation of research results. The instrument analysis includes data validity, reliability, level of difficulty, discriminatory power, normality test, T test, and man whitney test. The result of this research is that when doing a pretest to students the result is that there is no difference in learning achievement between the experimental class and the control class. Furthermore, after a trial was conducted between the experimental class using the cooperative learning model and the control class using direct instruction, the two classes experienced differences in learning achievement, namely the experimental class having further improved student learning outcomes.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi dimana siswa masih banyak yang belum tuntas pretasi belajar nya sehingga mencoba penerapan model seperti ini,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas model pembelajaran cooperative learning dan direct instruction dalam pembelajaran praktek ibadah materi pengurusan jenazah, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain prettest-posttest control group design dan dengan pendekatan kuantitatif. Dimana populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 Mts Darul Falah PPI 61 Cisurupan. Data yang didapat merupakan hasil dari instrument berupa soal tes untuk pretest dan post test, dan dokumentasi hasil penelitian. Untuk analisis instrumen meliputi uji validitas data, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji T, dan uji man whitney. Hasil dari penelitian ini adalah ketika melakukan pretest kepada siswa hasilnya adalah tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya setelah dilakukan uji coba antara kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning dan kelas kontrol menggunakan direct instruction, kedua kelas tersebut mengalami perbedaan prestasi belajar, yaitu kelas eksperimen lebih meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.


Keywords


Cooperative Learning; Direct Instruction; Effectiveness

Full Text:

PDF

References


Abdul Jabar, J. (2017). Akhlakul lil bana ( pendidikan berbasis pesantren). Tasikmalaya: Hamida.

Abdullah, R. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056

Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa MAN Model Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 160–174. https://doi.org/https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Firmansyah, D., & Dede, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v2i1.575

Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development, 8(1), 231–234.

Intang, B. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Arias Setting Kooperatif dengan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Ilmiah Pena: Sains Dan Ilmu Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51336/jip.v7i2.43.

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Jamhuri, M. (2017). Upaya Pendidikan Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pruten Ngembal Pasuruan. Jurnal Al-Murabbi, 2(2), 311–324.

Listiana, L. (2013). Pemberdayaan keterampilan berpikir dalam pembelajaran biologi melalui model kooperatif tipe gi (group investigation) dan ttw (think, talk, write). Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 10(1).

Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh profitabilitas, sruktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(3), 458–465. https://doi.org/https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.458

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 193–204. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014

Martiana, D., Wiyasa, I. K. N., & Negara, I. G. A. O. (2015). Model direct instruction berbantuan media puzzle untuk meningkatkan perkembangan mengenal bentuk geometri anak kelompok B3 TK kemala bhayangkari 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.4963

Mulyanti, D. (2017). Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Konsep Islam. Nizham Journal of Islamic Studies, 4(2), 253–270.

Natalita, R. K., & Situngkir, N. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. COOLASE :Creative of Learning Students Elementary Education, 2(2), 18–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/collase.v2i1.3084

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 75–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Setyawan, D., & Riadin, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1277

Suhartini, I. (2021). Peningkatan hasil belajar “Beriman kepada Malaikat” menggunakan model discovery learning. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 238–254. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4733

Surianti, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri di Kelas X2 SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 98–108.

Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran. A’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 209–226. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.19109/td.v16i02.61

Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Aceh Berorientasi Kkni Di Sma Se-Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 131–137.




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.18743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276