Hardiness dan Stres Akademik Mahasiswa selama Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v1i1.16792Keywords:
hardiness, mahasiswa, pembelajaran jarak jauh, stres akademikAbstract
Stres akademik dirasakan mahasiswa selama mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan waktu pembelajaran relatif singkat dan tugas yang menumpuk mengakibatkan mahasiswa mengalami stres akademik. Tekanan yang muncul disebabkan mahasiswa tidak dapat menghadapi rintangan akademik dan mempersepsikan tuntuan yang diterima sebagai gangguan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan hardiness dengan stres akademik mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek merupakan mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sebanyak 100 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan korelasi Spearman’s. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya selama pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi hardiness, maka stres akademik akan semakin rendah.
References
Amirullah. (2015). Populasi dan sampel : Pemahaman, jenis dan teknik. Wood Science and Technology. Bayumedia Publishing Malang.
Andiarna, F. (2020). Effects of online learning on student academic stress during the COVID-19 pandemic. Jurnal Psikologi. 16 (2), 139-149.
Arishanti, N., & Juniarly, A. (2019). Hardiness, penyesuaian diri dan stres pada siswa taruna. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4(2), 163–174. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v4i2.5309
Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi selama pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 08(01), 212–223.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.29210/119800
Fauzan. (2020, November 3). Fakta baru di balik kasus siswi SMA Gowa yang disebut bunuh diri karena tugas online. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/regional/read/4398726/fakta-baru-di-balik-kasus-siswi-sma-gowa-yang-disebut-bunuh-diri-karena-tugas-online
Gardner, L. M. (1999). The hardy personality. Wycliffe Bible Translators International. Dallas: Champ Wisdom Road.
Hidayat, R. (2020, September 10). Stres, burnout, jenuh: Problem siswa belajar online selama COVID-19. Tirto.Id. https://tirto.id/stres-burnout-jenuh-problem-siswa-belajar-online-selama-covid-19-f3ZZ
Kamil, I. (2020, November 30). Mendikbud Nadiem Makarim akui pelaksanaan PJJ timbulkan dampak negatif. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/11/30/11540751/mendikbud-nadiem-makarim-akui-pelaksanaan-pjj-timbulkan-dampak-negatif?page=all
Kemendikbud, P. W. (2020). Kemendikbud dorong pembelajaran online bagi kampus di wilayah terdapak Covid-19. Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-dorong-pembelajaran-online-bagi-kampus-di-wilayah-terdampak-covid19
Kreitner, R., & Kinicki, A. (2015). Perilaku organisasi (9th ed.). Salemba Empat.
Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab stres mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa.
Nurtjahjanti, H., & Ratnaningsih, I. Z. (2011). Hubungan kepribadian hardiness dengan optimisme pada calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) wanita di BLKLN Disnakertrans Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 126-132.
Oon, A. N. L. (2007). Handling study stress. Elex Media Komputindo.
Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Pustaka Pelajar.
Permatasari, R., Arifin, M., & Padilah, R. (2021). Studi deskriptif dampak psikologis mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas PGRI Banyuwangi dalam penyusunan skripsi di masa pandemi COVID-19. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 128–141. Retrieved from http://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/64
Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada taruna tingkat II Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Jurnal Empati, 6(4), 319–322. https://doi.org/10.14710/empati.2017.20100
Risana, I. W., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa departemen teknik sipil Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 9(5), 370–374. https://doi.org/10.14710/empati.2020.29255
Santrock, J. W. (2012). Life span development: Perkembangan masa hidup (13th ed.). Penerbit Erlangga.
Saputra, I. M. R. A., & Suarya, L. M. K. S. (2019). Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p04
Skomorovsky, A., & Sudom, K. A. (2011). Psychological well-being of canadian forces officer candidates: The unique roles of hardiness and personality. Military Medicine. https://doi.org/10.7205/MILMED-D-10-00359
Sugiyono. (2016). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Penerbit Alfabeta.
Sukmana, M. E., Kristiyanto, A., & Liskustyawati, H. (2020). Hubungan antara emotional intellegence dan hardiness terhadap daya tahan stres atlet totally blind (buta menyeluruh) di Pelatnas NPCI tahun 2019. Prosiding SENFIKS (Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains), 1(1), 80-89. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENFIKS
Velarosdela, R. N. (2021). Kilas balik kronologi munculnya kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/02/05300081/kilas-balik-kronologi-munculnya-kasus-pertama-covid-19-di-indonesia?page=all
Wijaya, C. (2021, Februari 18). COVID-19: 'Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri', persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



