Pengembangan Alat Ukur Skala Feeling Of Missing Out Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v2i1.25036Keywords:
mahasiswa, pengembangan alat ukur, feeling of missing outAbstract
Feeling of Missing Out adalah perasaan takut tertinggal karena tidak mengetahui aktivitas tertentu. Kemajuan internet menjadikan informasi tersebar dimana-mana, sehingga mudah bagi individu untuk mengetahui aktivitas orang lain misalnya melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk mengetahui tingkat feeling of missing out (FOMO) pada mahasiswa. Ada banyak penelitian yang bertujuan untuk menentukan tingkat FOMO pada mahasiswa. Namun, skala baru diperlukan karena skala yang digunakan pada penelitian ini adalah versi adaptasi. Ada 20 item yang yang diberikan kepada 216 mahasiswa aktif yang berkuliah di Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan literatur bacaan. Sampel pada penelitian yang didapat menggunakan metode non probably sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini diperoleh 15 item yang menjadi item final dengan model penskalaan Likert, dilengkapi dengan analisis SPSS dan juga Structural Equation Model (SEM) dengan SmartPLS 4. Skala feeling of missing out menunjukkan nilai validitas dan reliabilitas yang cukup baik yaitu  0,309 dan 0,854. Sehingga didapatkan pengembangan alat ukur yang cukup valid dan reliabel dalam mengukur feeling of missing out pada mahasiswa.
References
Mazlum, M., & Atalay, A. (2022). Developing the fear of missing out (FoMO) scale for university students: The validity and reliability study. Journal of Pedagogical Research, 6(4). https://doi.org/10.33902/JPR.202215485
Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in human behavior, 29(4), 1841-1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014
Suga, T. A. (2020). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (Fomo) Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA). https://repository.unair.ac.id/107919/
Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36-44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Zhang, Z., Jiménez, F. R., & Cicala, J. E. (2020). Fear of missing out scale: A selfâ€concept perspective. Psychology & Marketing, 37(11), 1619-1634. https://doi.org/10.1002/mar.21406
Widjaja, D. (2022). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (FOMO) Dengan Kecanduan Media Sosial (Doctoral dissertation). https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28380
Santoso, I., Widyasari, S., & Soliha, E. (2021). FOMSUMERISM : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear Of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159-171. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



