Pengaruh Kelekatan Ayah terhadap Tingkat Agresivitas pada Siswa Laki-Laki di SMK X Karawang
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v4i1.43276Keywords:
Kelekatan ayah, agresivitas, siswaAbstract
Saat ini, kekerasan yang dilakukan oleh siswa menjadi masalah sosial yang perlu segera diselesaikan. Pasalnya, kasus kekerasan yang dilakukan oleh siswa pada tahun 2024 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 13,7%. Banyak faktor yang dapat memengaruhi munculnya perilaku agresi, salah satunya yaitu faktor kelekatan ayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelekatan ayah terhadap tingkat agresivitas pada siswa laki-laki di SMK X Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) dan The Aggression Questionnaire. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki SMK X Karawang kelas X, XI, dan XII yang masih memiliki ayah serta tinggal serumah bersama ayah dengan total subjek sebanyak 233 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelekatan ayah berpengaruh terhadap tingkat agresivitas. Namun, pengaruh tersebut tergolong rendah yakni hanya sebesar 0.044 atau 4.4%.
References
Agustin, A., Purwaningtyas, F. D., Ristanti, E., & Fira, Y. (2022). Kelekatan orangtua dan kontrol diri terhadap perilaku agresi remaja. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(2), 271–283.
Agustin, M., Rachmawati, Y., & Ramadhanti, D. F. (2021). Hubungan antara kelekatan pada ayah dengan kecerdasan emosional anak usia dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 54–62.
Allen, S., & Daly, K. (2007). The Effects of Father Involvement : An Updated Summary of the Evidence Inventory. Centre for Families, Work & Well-Being, University of Guelph.
Amanda, R., Sulistyaningsih, W., & Yusuf, E. A. (2018). The involvement of father, emotion regulation, and aggressive behavior on adolescent. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 3(3), 145–147.
Armsden, G., dan Greenberg, M. T. (2009). Inventory of parent and peer attachment (IPPA). College of Health and Human Development, 1–12.
Attar-Schwartz, S., & Fridman-Teutsch, A. (2018). Father support and adjustment difficulties among youth in residential care: The moderating role of peer victimization and gender. American Journal of Orthopsychiatry, 88(6), 701–712. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/ort0000287.
Baron, R. A., & Branscombe, N. R. (2011). Social psychology. (13th ed.). Prentice Hall.
Bowlby, J. (1980). Attachment and Loss: Vol. III. Basic Books.
Buss, A. H., & Perry, M. (1992). Aggression questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 63(3), 452–459. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8809-1.
Erikson, H. E. (1977). Childhood and Society. Paladin Books.
Gideon, A. A. (2017). Father’S role in child’S emotional intelligence development. Journal of Teaching and Education, 07(01), 177–184.
Halimah, N., Suryanto, & Evita Santi, D. (2020). Perilaku agresi penonton sepak bola ditinjau dari harga diri dengan kiu agresi sebagai variabel antara. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4), 636–645. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.498.
Latif, K., & Kurniawan, K. (2022). Hubungan antara kelekatan orang tua dan konsep diri dengan perilaku bullying siswa SMP negeri 28 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 25–39. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i1.55877
Long, E. C. J., Fish, J. N., Scheffler, A., & Hanert, B. (2014). Memorable experiences between fathers and sons: Stories that shape a son’s identity and perspective of his father. The Journal of Men’s Studies, 22(2), 122–139. https://doi.org/10.3149/jms.2202.122.
Lubis, E. H. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa/i Kelas 2 di SMP Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. (Skripsi, Universitas Medan Area).
Myers, D. G. (2010). Social Psychology. (10th ed., Vol. 24). McGraw-Hill.
P, A. T. D., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan secure attachment dengan ibu dan kecenderungan berperilaku agresi pada siswa SMA N 2 Ungaran. Jurnal Empati, 7(3), 80–89. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21749
Pan, Y., Zhang, D., Liu, Y., Ran, G., & Teng, Z. (2016). Different effects of paternal and maternal attachment on psychological health among Chinese secondary school students. Journal of Child and Family Studies, 25(10), 2998–3008.
https://doi.org/10.1007/s10826-016-0463-0.
Prabowo, R. D. B., & Aswanti, M. (2014). Hubungan attachment ibu-anak dan ayah-anak dengan kemandirian pada remaja akhir. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 7, 34-46.
Pujisatuti, T. (2014). Peran Orang Tua dalam pembentukan identitas gender anak. Syi’ar, 14(1), 53–63.
Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (attachment) pada ibu dan ayah dengan kompetensi sosial pada remaja. Jurnal Psikologi, 13(1),30–40. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i1.2762.
Pusparini, S. A. F. (2021). Pengaruh Kelekatan Pada Ayah Terhadap Agresivitas Pria Dewasa Awal yang Berpacaran. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang).
Ratningsih, O., Sadiah, R. A., Nurhayati, S., & Widiastuti, N. (2021). Father parenting role in the child’s social-emotional development. Jurnal EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 47–53. https://doi.org/10.22460/empowerment.v10i1p47-53.2130
Rickey, B. A., & Fikry, Z. (2023). Pengaruh kelekatan ayah, ibu, dan mamak terhadap agresi verbal remaja di media sosial di Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2178–2185. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13484
Santrock, J. W. (2010). Life-Span Development (13th ed.). McGraw-Hill.
Sasmitha, S. A., Khumas, A., & Siswanti, D. N. (2023). Hubungan kelekatan orangtua dengan perilaku agresi remaja di kota Makassar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(3), 445–451.
Septiani, D., & Nasution, I. N. (2017). Perkembangan regulasi emosi anak dilihat dari peran keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Psychopolytan (Jurnal Psikologi), 1(1), 23–30. http://ojsbimtek.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/330/191
Setyowati, A. (2022). Maraknya Kasus Perundungan di Lingkungan Sekolah, Mari Lakukan Pencegahan!. https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/25/102907871/maraknya-kasus-perundungan-di-lingkungan-sekolah-mari-lakukan-pencegahan
Sinamo, S. H. (2020). The Role Of Fathers In Children’s Development Of Emotional Quotient And Intelligence In Gbi Medan Plaza. 1–5. https://doi.org/10.4108/eai.14-3-2019.2292038
Situmorang, N. Z., Pratiwi, Y., & Agung R., D. P. (2018). Peran ayah dan kontrol diri debagai preditor kecenderungan perilaku agresif remaja. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 115–126. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1839
Utami, M. D., & Pratiwi, R. G. (2021). Remaja yang dilihat dari kelekatan orang tua terhadap kecerdasan emosi. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(01), 35–44. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i01.1379
Wibowo, N. R., & Wimbarti, S. (2019). The perception of attachment effect in parents and peers on aggressive behavior in male adolescents. Psikohumaniora, 4(1), 53–64. https://doi.org/10.21580/pjpp.v4i1.3118
Zhao, J., Gao, F., Xu, Y., Sun, Y., & Han, L. (2020). The relationship between shyness and aggression: The multiple mediation of peer victimization and security and the moderation of parent–child attachment. Personality and Individual Differences, 156(109733), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.109733
Zulaiha, Husen, M., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab perilaku agresif pada siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 77–82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



