Jekajeh: Dinamika Daya Juang Santriwati untuk Bertahan di Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpib.v6i2.17634Keywords:
Jekajeh, Fighting spirit, Islamic boarding schoolAbstract
References
Afif, M. (2019). Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan baca kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. Kabilah Journal of Social Community, 4(2), 34-43. http://dx.doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih di antara lima pendekatan. Pustaka Pelajar.
Desmita. (2019). Psikologi perkembangan peserta didik. PT. Remaja Rosdakarya.
Dewojati, C. (2018). Pengembangan pembelajaran penulisan kreatif berwawasan lingkungan bidang bahasa dan sastra Indonesia bagi guru dan siswa Pondok Pesantren Muqimus Sunnah di Palembang. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 45–56. http://dx.doi.org/10.22146/bb.37919
Dwi, M., & Maskuri, M. (2023). Pengembangan kelembagaan pendidikan islam multikultural melalui spirit entrepreneur santri (Studi etnografi di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang). Edunity : Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(2), 246–266. https://doi.org/10.57096/edunity.v2i2.55
Ekamia, G. L., Rahman, A. A., & Hidayat, I. N. (2023). Pendidikan dan pelatihan santri siap guna (SSG) untuk meningkatkan religiusitas santri Daarut Tauhiid. JPIB: Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 6(1), 67–76. https://doi.org/10.15575/jpib.v6i1.22480
Haikal, F. (2019). Pendampingan santriwati NAJ (Nisa’u Ahlil Jannah) Pondok Pesantren Jabal Noer dalam meningkatkan kreatifitas kemandirian santri (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hidayatullah, M. R., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Kajian literasi media online santri mahasiswa (Studi etnografi: Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Fattah, Sumurboto, Semarang). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 194-203.
Hirano, Y. O. (2022). Factors influencing the psychological independence of retired community-dwelling older adults in Japan. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1004645
Hotifah, Y. (2019). Persepsi santri terhadap eksistensi penolong sebaya berbasis kearifan lokal pesantren. Indonesian Psychological Research, 1. 24-35. http://dx.doi.org/10.29080/ipr.v1i2.178
Iqbal, M. N. (2022). Etnografi budaya pesantren pada novel perempuan berkalung sorban dan novel kambing dan hujan. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.22515/tabasa.v3i01.3972.
Kartika, T., Susrini, P. D., & Besar, I. (2022). Masyarakat tutur siswa beda budaya di sekolah menengah pertama Al Kautsar Bandar Lampung dalam kajian etnografi komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(1), 47. https://doi.org/10.31315/jik.v20i1.3566
Meria, A. (2012). Pendidikan kemandirian berbasis gender (Nilai pendidikan pesantren di Indonesia). Jurnal Ilmiah Kajian Gender, 2(2), 135-149. http://dx.doi.org/10.15548/jk.v2i2.59
Nafs, T. (2020). Pengaruh beban kerja terhadap stres kerja pada guru tahfidz di Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia. Acta Psychologia, 2(2), 199–208. https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35106
Notosoedirjo, M., & Latipun. (2014). Kesehatan mental. UMM Press Malang.
Oda, M. (2021). Factors influencing psychological independence in adolescents and their relationship to coaching-based support from significant others. Yonago Acta Medica, 64(1), 34-45,. https://doi.org/10.33160/yam.2021.02.00
Setiawan, A. B., Sulaksono, J., & Wulanningrum, R. (2019). Penerapan sistem informasi berbasis website di pondok pesantren kota Kediri. Generation Journal, 3(1), 11-15. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12707
Setyawan, D. A. (2018). Layanan konseling islam untuk santri yang mengalami masalah kemandirian belajar Pondok Pesantren Ngunut Tulungagung. Jurnal At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2). http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v1i2.7197
Shasra, S. F. (2022). Gambaran homesickness siswa baru di Pondok Pesantren. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 9(4), 1247-1252. https://doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1247-1252.
Siddiq, M. (2018). Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta (Studi etnografi). Al-Ma’rifah, 14(02), 24–36. https://doi.org/10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.02
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprapto, S. A. P. (2020). Pengaruh religiusitas terhadap resiliensi pada santri pondok pesantren. Cognicia, 8(1), 69–78. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11738
Suryabrata, S. (2019). Psikologi kepribadian (Eds. 24). Rajawali Pers.
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah kota Karang Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 55-66. http://dx.doi.org/10.24042/kons.v1i2.306
Windiani, & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan metode etnografi dalam penelitian sosial. Jurnal Dimensi, 9(2), 87–92. https://doi.org/10.21107/djs.v9i2.3747
Yarmi, G. (2014). Meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa melalui pendekatan whole language dengan teknik menulis jurnal. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8-16. https://doi.org/10.21009/PIP.281.2
Zahra, N. S., & Al-Qadri, A. R. (2022). Konsep toleransi beragama pada remaja suku Bugis Makassar. JPIB: Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 5(1), 23-34. https://doi.org/10.15575/jpib.v5i1.12330
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).