PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSEP DASAR FISIKA UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH


Arif Billah(1*)

(1) IAIN Salatiga, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk yang berupa buku ajar fisika untuk mahasiswa PGMI/PGSD dan Pendidik IPA berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini berpendekatan research and development dengan desain penelitian mengikuti model 4D, yakni define, design, develop, and disseminate. Tahap define meliputi studi lapangan dan studi literatur; design meliputi penentuan sumber daya dan perancangan produk awal; develop meliputi validasi dan revisi; dan disseminate meliputi pengemasan dan sosialisasi. Hasil penelitian berupa buku ajar yang berjudul “Konsep Dasar Fisika untuk Mahasiswa PGMI/PGSD dan Pendidik IPA”. Isi buku ajar meliputi 12 bab, yakni: Besaran dan Satuan; Pengukuran; Gerak; Gaya; Usaha, Energi, dan Daya; Pesawat Sederhana; Zat dan Wujud; Suhu, Pemuaian, dan Kalor; Getaran dan Gelombang; Gelombang Bunyi; Cahaya dan Alat Optik; dan Informasi Penting terkait Konsep Dasar Fisika. Hasil validasi dari ahli materi dan media menyatakan bahwa produk akhir dari pengembangan adalah layak digunakan sebagai bahan ajar fisika untuk PGMI/PGSD dengan rerata persentase dan kriteria kelayakan isi, penyajian, Bahasa, kontekstualitas, dan kegrafikan berturut-turut sebesar: 86,08 % (sangat baik); 82,39 % (sangat baik); 87,50 % (sangat baik); 87,12 % (sangat baik); dan 90,18 % (sangat baik).

References


Afandi, & Sajidan. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran Abad 21. Surakarta: UNS Press.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning , Teaching , and Assessing: A Revision of Bloom ’ s Taxonomy of Educational Objectives. USA: Addison Wesley Longman, Inc.

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano, 9(2), 191–197.

Argaw, A. S., Haile, B., Ayalew, A. T., & Kuma, S. G. (2017). The Effect of Problem Based Learning (pbl) Instruction on Students’ Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3), 857–871.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aydın, A., & Aytekin, C. (2018). Teaching Materials Development and Meeting the Needs of the Subject: A Sample Application. International Education Studies, 11(8).

Aykutlua, I., Bezena, S., & Bayraka, C. (2015). Teacher opinions about the conceptual challenges experienced in teaching physics curriculum topics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 390 – 405.

Billah, A. (2016). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 243–272.

Billah, A. (2018). Konsep Dasar Fisika: untuk Mahasiswa PGMI/PGSD dan Pendidik Mata Pelajaran IPA. Sukoharjo: Oase Pustaka.

Billah, A., & Widiyatmoko, A. (2018). The Development of Virtual Laboratory Learning Media for The Physical Optics Subject. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 153–160. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2803

Corpuz, A. C. (2017). Difficulties encountered, learning strategies and academic performance in physics of Psychology students. Journal of Social Sciences, 6(2), 365–374.

Ekici, E. (2017). “Why Do I Slog Through the Physics?” Understanding High School Students’ Difficulties in Learning Physics. Journal of Education and Practice, 7(7), 95–107.

Fadilah, R. E., Suratno, & Wahyuni, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Manusia Berbasis Peta Konsep dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMA Di Kabupaten Jember. Pancaran, 4(3), 41–50.

Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto, S. (2017). Four- Tier Diagnostic Test to Identify Misconceptions in Geometrical Optics. Unnes Science Education Journal, 6(3), 8–17.

Gallagher, C., Hipkins, R., & Zohar, A. (2012). Position¬ing Thinking within National Curriculum and As¬sessment Systems: Perspectives from Israel, New Zealand and Northern Ireland. Thinking Skills and Creativity, 7(2), 134–143.

Karsono. (2017). Pengaruh Penggunaan LKS berbasis HOTs terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 50–57.

Liliarti, N., & Kuswanto, H. (2018). Improving the competency of diagrammatic and argumentative representation in physics through Android-based mobile learning application. International Journal of Instruction, 11(3), 106–122.

Mulhall, P., & Gunstone, R. (2008). Views about physics held by physics teachers with differing approaches to teaching physics. Research in Science Education, 38(4), 435–462.

Nisak, F., Gusnedi, & Putra, A. (2018). Penggunaan Bahan Ajar Berorientasi Pemecahan Masalah terhadap Pencapaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Pembelajaran Fisika di Kelas X. Pillar of Physics Education, 11(1), 25–32.

Oktaviani, W., Gunawan, & Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 1–7.

Paijan. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Fisika SMP Kelas VIII Semester 2 Berorientasi Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTs). Universitas Negeri Semarang.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53–58.

Peter, E. E. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43.

Pradana, F. A., Suyatna, A., Ertikanto, C., & Herlina, K. (2019). The Development of an Electronic Book on Quantum Phenomena to Enhance Higher-Order Thinking Skills of the Students. Journal of Physics: Conf. Series, 1155(012012).

Prastiwi, A., & Sriyono, N. (2016). Pengembangan Modul Fisika berbasis Masalah Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA. Radiasi, 9(1), 1–6.

Ramayulis. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam (1st ed.). Jakarta: Kalam Mulia.

Silaban, B. (2014). Hubungan antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statistik. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 65–75.

Sutarto, Indrawati, Prihatin, J., & Dwi, P. A. (2018). Geometrical Optics Process Image-Based Worksheets for Enhancing Students’ Higher-Order Thinking Skills And Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 376–382.

Syar, N. I. (2017). Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema Cuaca untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. EDUSAINS, 9(1), 34–40.

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85.

Verdina, R., Gani, A., & Sulastri. (2018). Improving students’ higher order thinking skills in thermochemistry concept using worksheets based on 2013 curriculum. Journal of Physics: Conf. Series, 1088(012105).

Widayanti, Abdurrahman, & Suyatna, A. (2019). Future Physics Learning Materials Based on STEM Education: Analysis of Teachers and Students Perceptions. Journal of Physics: Conf. Series, 1155(012021).

Winarno, Sunarno, W., & Sarwanto. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) pada Tema Energi. Jurnal Inkuiri, 4(1), 82–91.

Yurniwati. (2016). The Development of Learning Materials base on Geogebra for Prospective Teacher. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (pp. 985–990).

Zuhdi, A., & Priscilio, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Rotasi. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 50–64.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i2.5582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: