MENGANALISIS SUDUT PENDULUM PADA BIDANG MIRING MENGGUNAKAN SOFTWARE TRACKER VIDEO


Muhammad Rully Syaepudin(1*), Rahmi Siti Badriah(2), Resi Maryati Warga(3), Titin Kartini(4), Wildan Zikbal(5)

(1) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(4) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(5) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan percobaan untuk menentukan sudut dan frekuensi pada pendulum (m) yang digantungkan pada sisi baki (M) dalam bidang miring. Pendulum yang digunakan adalah beban dengan massa 5 gram. Variasi sudut  bidang miring ) mulai dari 30o, 45o, dan 53o, sedangkan  variasi panjang tali mulai dari 0,095 m, 0,189 m, dan 0,254 m. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software tracker video. Hasil percobaan berdasarkan analisis video tracker menunjukkan besar nilai sudut yang dibentuk bandul terhadap bidang miring dan juga diperoleh besar nilai frekuensi sudut pendulum. Panjang tali yang dibuat berbeda dan besar sudut bidang miring yang di ubah-ubah ternyata mempengaruhi dari besar sudut yang dibentuk oleh pendulum tersebut.

References


A. J. Brown, Douglas & Cox, “Innovative Uses of Video Analysise,” The Physsics. Teacher, vol. 3, no. 47, pp. 145–155, 2009.

P. Hockicko, “Attractiveness of Learning Physics by Means of Video Analysis and Modeling Tools,” SEFI 40th Annual Conference Physics Engineering Education, pp. 1–8, 2012.

D. U. Suwarno, “Getaran osilasi teredam pada pendulum dengan magnet dan batang aluminium,” Prosidding SKF, pp. 100–107, 2015.

I. A. D. Astuti, “PENGEMBANGAN ALAT EKSPERIMEN PENENTUAN PERCEPATAN GRAVITASI BUMI BERDASARKAN TEORI BIDANG MIRING BERBASIS MICROCOMPUTER BASED LABORATOY (MBL),” Faxtor Excata, vol. 9, no. 2, pp. 114–118, 2016.

D. Morin, Introduction to Classical Mechanics With Problems and Solutions. United States of America: Cambridge University Press, 2007.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i2.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: