Konstruksi dan Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Siswa


Tanti Tanti(1*)

(1) Universitas Islam Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkonstruksi dan memvalidasi, serta menganalisis efektivitas bahan ajar fisika berbasis problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan generik siswa. Metode yang digunakan dalam mengembangkan bahan ajar fisika berbasis PBL didasarkan pada kerangka pengembangan yang dilakukan oleh Haryanto (2018). Pemilihan kerangka ini didasarkan pada pertimbangan bahwa model pengembangan ini didesain khusus untuk meningkatkan keterampilan generik siswa dengan mengintegrasikan komponen pembelajaran berbasis masalah ke dalam model hingga pengurutannya. Komponen model disusun mengikuti pendekatan model campuran, hal ini dimaksudkan agar penggunaan model lebih fleksibel. Model desain bahan ajar divalidasi ahli materi dan ahli media, serta empat orang guru fisika sebagai praktisi. Produk bahan ajar yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai salah satu komponen pengajaran yang khusus ditujukan untuk meningkatkan keterampilan generik siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Hasil uji validasi dan praktikalitas menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis digunakans ebagai bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan generik siswa. Hasil uji efektivitas menggunakan desain one class pre test and post test menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan generik siswa, terutama dalam kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai Ngain sebesar 0.53 dengan kategori sedang untuk kemampuan berpikir kritis, dan Ngain 0.80 untuk kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi.

 

Kata kunci: bahan ajar, generic skills, problem based learning


Keywords


Bahan Ajar, Generic Skills, Problem-Based Learning

References


DAFTAR PUSTAKA

Badcock, P. B., Pattison, P. E., & Harris, K.-L. (2010). Developing generic skills through university study: a study of arts, science and engineering in Australia. Higher education, 60(4), 441-458.

Canon, R., & Newble, D. (2000). A handbook for teachers in universities and colleges. A guide to improving teaching methods. London and New York: Routledge.

Charlin, B. (1998). The many faces of problem-based learning: A framework for understanding and comparison. Medical teacher, 20(4), 323-330.

Gallagher, S. A., & Gallagher, J. J. (2013). Using problem-based learning to explore unseen academic potential. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 7(1), 9.

Haryanto, Asyhar, R., Asrial, & Harizon. (2018). The development of the conceptual learning design model based on generic skills. The Online Journal of New Horizons in Education-January, 8(1).

Johnson, E., Herd, S., & Tisdall, J. (2002). Encouraging generic skills in science courses. Electronic Journal of Biotechnology, 5(2), 22-23.

Leggett, M., Kinnear, A., Boyce, M., & Bennett, I. (2004). Student and staff perceptions of the importance of generic skills in science. Higher Education Research & Development, 23(3), 295-312.

Limbach, B., & Waugh, W. (2013). Developing Higher Level Thinking. Journal of Instructional Pedagogies, 4(1), 23-35.

McLean, M. (2010). Citizens for an unknown future: Developing generic skills and capabilities in the Gulf context. Learning and Teaching in Higher Education: Gulf Perspectives, 7(2).

Nastiti, D., Rahardjo, S., VH, E. S., & Perdana, R. (2018). The Need Analysis of Module Development Based on Search, Solve, Create, and Share to Increase Generic Science Skills in Chemistry. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 428-434.

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research: Methods, strategies, and issues: Routledge.

Tan, O.-S. (2003). Problem-based learning innovation. Singapore: Thomson.

Tanti, Maison, MUKMININ, A., Syahrial, HABIBI, A., & Syamsurizal. (2018). Exploring the relationship between preservice science teachers' beliefs and self-regulated strategies of studying physics: A structural equation modelling. Turkish Science Education, 15(4).




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i1.6635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: