PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET MATERI TEORI KINETIK GAS


Adytia Permana Putra(1*), Chaerul Rochman(2), Winda Setya(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Pendidikan Fisika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Pendidikan Fisika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


laboratory learning media PhET strategy is able to encourage students to optimize learning activities. The purpose of this study is to determine the feasibility of using a virtual PhET laboratory to improve students' mastery of the concept of kinetic gas theory. The research sample of all students of class XI MIPA 1 of Al-Hidayah Senior High School amounted to 33 people. The research method used was pre experimental method with the use of one group pretest-posttest design. The instruments used were Student Activity Sheet (SAS) answer sheets basedon Authentic Assessment Based on Teaching Learning Trajectory (AABTLT) based students and students' concept mastery tests. The results of the study (1) the percentage of the implementation of the learning process using the PhET virtual laboratory that is 72% effective category. (2) students' mastery of concepts obtained N-Gain value of 0.635 experienced a moderate increase.

Keywords: Laboratory virtual PhET, SAS, AABTLT, Mastery of concept

Abstrak

Pembelajaran fisika sering dikatakan sulit oleh peserta didik karena rumit dan membosankan sehingga peserta didik merasa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran fisika. Dibutuhkan media pembelajaran laboratorium virtual PhET strategi yang mampu memberikan dorongan kepada peserta didik untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan penggunaan laboratorium virtual PhET dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik materi teori kinetik gas. Sampel penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Al-Hidayah Ciparay berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode pre experimental dengan penggunaan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan lembar Student Activity Sheet (SAS) hasil jawaban peserta didik berbasis Authentic Assessment Based on Teaching Learning Trajectory (AABTLT) dan tes penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) persentase rata-rata keterlaksanaan proses kegiatan pembelajaran penggunaan laboratorium virtual PhET yaitu 72% dengan kategori efektif, (2) peningkatan penguasaan konsep peserta didik diperoleh melalui nilai N-Gain sebesar 0,635 mengalami peningkatan yang sedang.

Kata kunci: Laboratorium virtual PhET, SAS, AABTLT, Penguasaan Konsep

 


Keywords


Laboratorium Virtual PhET, SAS, AABTLT, Penguasaan Konsep.

References


Bagus Syaifulloh, rizal. (2014). Penerapan Pembelajaran Dengan Model Guided Discovery Dengan Lab Virtual PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Tuban Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas. Inovasi Pendidikan Fisika, 03(02), 174–179.

Dahar. (2003). Aneka Wacana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s: D, Measurement and Research Methodology.

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., & Wieman, C. (2012). PhET : Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics, 18(2006).

Permata, D., Lutfi, A., & Qosyim, A. (2013). Uji Coba Pembelajaran IPA Dengan LKS Sebagai Penunjang Media Virtual PHET Untuk Melatih Keterampilan Proses Pada Materi Hukum Archimedes.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik, 2(1), 18–22.

Rochman, C., Cahya, E., Mahen, S., & Nasrudin, D. (2018). Authentic Assesment Based On Teaching and Learning Trajectory With Student Activity Sheet ( SAS ) On Basic Physic, 3(1), 1–8.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 05(April), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Subali, B. (2010). Penerapan Model Praktikum Problem Solving Laboratory, 6, 90–97.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian. Bandung: CV Alfa Beta.

Sumargo, E. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual ( PhET ) Pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education, 3(1), 119–133.

Sunni, M. A., Wartono, W., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Phet Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL), 3, 103–107.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.7991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: