EFEKTIVITAS MOBILE LEARNING DENGAN GOOGLE CLASSROOM DISERTAI TUTOR SEBAYA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR


dewi juita(1*)

(1) IAIN kerinci,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Era revolusi industri 4.0 menghendaki pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran fisika dasar di jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci belum menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Ilmu fisika juga dianggap sulit oleh mahasiswa. Solusi yang digunakan adalah pembelajaran mobile menggunakan platform google classroom disertai tutor sebaya. Pembelajaran ini diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi dan mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa serta efektivitas penggunaan mobile learning dengan google classroom disertai tutur sebaya tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre experimental dengan menggunakan intrumen angket tanggapan mahasiswa dan soal hasil belajar berbentuk essay. Hasil yang diperoleh mahasiswa menanggapi secara positif penggunaan tersebut dan penggunaan mobile learning dengan google classroom disertai tutor sebaya tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran fisika dasar dengan mengacu kepada <N-Gain> sebesar 0,53 pada kategori sedang.  


References


Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students acceptance of Google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(06), 112-123.

Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (2nded.). London: Sage Publication, Inc

Crouch, C. H., & Mazur, E. (2001). Peer instruction: Ten years of experience and results. American journal of physics, 69(9), 970-977.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas

El-Hussein, M. O. M., & Cronje, J. C. (2010). Defining mobile learning in the higher education landscape. Journal of Educational Technology & Society, 13(3), 12-21.

Fraenkel, J.R and Wallen, N.E. (1993). How To Design And Evaluate Research in Education (2nd ed.). New York: Mc Graw-Hill Book Co.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2018, February). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana: Indiana University

Hoyles, C., & Lagrange, J.-B. (Eds.). (2010). Mathematics education and technology—Rethinking the terrain. New York, NY/ Berlin, Germany: Springer.

Jeng, Y. L., Wu, T. T., Huang, Y. M., Tan, Q., & Yang, S. J. (2010). The add-on impact of mobile applications in learning strategies: A review study. Journal of Educational Technology & Society, 13(3), 3-11.

Koole, M. L. (2009). A model for framing mobile learning. Mobile learning: Transforming the delivery of education and training, 1(2), 25-47.

Kumar, J. A., & Bervell, B. (2019). Google Classroom for mobile learning in higher education: Modelling the initial perceptions of students. Education and Information Technologies, 24(2), 1793-1817.

Naismith, L., & Corlett, D. (2006). Reflections on success: A retrospective of the mLearn conference series 2002-2005.

Natawidjaja, Rochman. (1984). Pengajaran Remidial. Jakarta:Percetakan Negara RI

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing

Quinn, C. (2011). Mobile learning: Landscape and trends. The eLearning Guild Research.

Sarrab, M., Elgamel, L., & Aldabbas, H. (2012). Mobile learning (m-learning) and educational environments. International journal of distributed and parallel systems, 3(4), 31.

Schwab, Klaus. (2016). The Fourth Industrial Revolution: What it means, how to respond. Disadur dari https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth-industrial-revolution-what-it means-and-how-to-respond/

Sharples, M., Arnedillo-Sánchez, I., Milrad, M., & Vavoula, G. (2009). Mobile learning. In Technology-enhanced learning (pp. 233-249). Springer, Dordrecht.

Ulfah, M. (2012). Optimalisasi hasil belajar IPA tentang sistem gerak pada manusia melalui metode diskusi dengan tehnik pembelajaran tutor sebaya. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.8052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: