VALIDITAS BAHAN AJAR GERAK MELINGKAR BERBASIS AUTHENTIC LEARNING DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH


Muhammad Hafizh Ridho(1), Mustika Wati(2), Misbah Misbah(3*), Saiyidah Mahtari(4)

(1) Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
(2) Pendidikan Fisika,Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
(3) Physics Education Program, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
(4) Pendidikan Fisika,Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study is to describe the validity of teaching materials in circular motion based on authentic learning in the wetland environment to train students' problem-solving skills. This research is research and development using the ASSURE model. The instrument used in this study was in the form of teaching material validation sheets. Based on the analysis of the data obtained that the teaching material in circular motion has a valid category. It was concluded that teaching materials in circular motion based on authentic learning in the wetland environment at to practice problem-solving skills declared valid, and can be used in the learning process in class. Furthermore, teaching materials can be used in the learning process in the classroom to find out the practicality and effectiveness of teaching materials developed.

Keywords: validity, circular motion, authentic learning, wetland, problem-solving skills

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan validitas bahan ajar gerak melingkar berbasis authentic learning di lingkungan lahan basah untuk melatih keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ASSURE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi diperoleh bahwa bahan ajar gerak melingkar memiliki kategori valid dengan skor validasi sebesar 3,40. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar gerak melingkar berbasis authentic learning di lingkungan lahan basah untuk melatih keterampilan pemecahan masalah dinyatakan valid. Selanjutnya bahan ajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan.

Kata kunci: validitas, gerak melingkar, authentic learning, lahan basah, keterampilan pemecahan masalah

 


Keywords


validitas, gerak melingkar, authentic learning, lahan basah, keterampilan pemecahan masalah

References


Akbar, S. (2016). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Amrita, P. D., Jamal, M. A., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas x ms 4 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248-261.

Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2).

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50.

Damayanti, D. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelaaran 2012/2013. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58–62.

Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan Metode Predict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58.

Griyanika, L. (2014). Pengembangan Modul Pengayaan Berbasis Authentic Learning pada Materi Pokok Fluida Statis untuk Melatih Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Habibi, M., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pengajaran Langsung Pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP Negeri 11 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1): 1-17.

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’Nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 1–6.

Hasani, N. L., Hartini, S., & Annur, S. (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Kayuh Baimbai melalui Modul Fisika Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 65–76.

Heller, P., Keith, R., & Anderson, S. (1992). Teaching Problem Solving through Cooperative Grouping. Part 1: Group versus Individual Problem Solving. American Journal of Physics, 60(7), 627-636.

Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 54–68.

Khair, A. (2003). Sinoman Hadrah Seni Islam yang Perlu Diperhatikan. Himmah, 4(10), 45-54.

Lombardi, M. M. (2007). Authentic Learning for the 21st Century: An Overview. ELI Paper 1.

Markawi, N. (2015). Pengaruh Keterampilan Proses Sains, Penalaran, dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Enimed, 6(1), 87–97.

Maulida, R., & Simanjuntak, M. P. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Investigasi pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 71–76.

Misbah, M., & Fuad, Z. (2019). Pengintegrasian Kearifan Lokal Kalimantan Selatan dalam Pembelajaran Fisika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika “Motogpe.”

Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The development and validation of a local wisdom-integrated physics module to grow the students’ character of sanggup bagawi gasan masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 5(1), 1–7.

Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended di Sekolah Dasar. INSANIA, 14(2), 346–364.

Nurhadiyanto, N. (2015). Pengaruh Manajemen Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar dengan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Bahasa Inggris sebagai Variabel Moderasi di Amik Cipta Darma Surakarta. Among Makarti, 8(15), 54–67.

Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27.

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Rahmah, L. A. (2018). Pengembangan Modul Fisika Materi Getaran Harmonis Bermuatan Authentic Learning untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin: Tidak Dipublikasikan.

Santyadiputra, G. D., & Pradnyana, I. M. A. (2017). Validasi Bahan Ajar Berbasis Model Project-Based Learning pada Mata Kuliah Sistem Informasi. Seminar Nasional Riset Inovatif, 352–359.

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22–26.

Satriawan, K., & Rosmiati, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1), 1212–1217.

Selamet, K., Sadia, I. W., & Suma, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Sulistiani, D. (2018). Penerapan Metode Outentic Learning dapat Meningkatkan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(2), 23–32.

Sutiniasih, N. K. (2018). Pengembangan Modul Materi Usaha dan Energi Bermuatan Authentic Learning untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin: Tidak dipublikasikan.

Titin, T., & Dara, E. N. (2016). Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 7(1), 45–56.

Trevathan, J., & Myers, T. (2013). Towards Online Delivery of Process-Oriented Guided Inquiry Learning Techniques in Information Technology Courses. Journal of Learning Design, 6(2).

Triuitami, R. R., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Modul Pengayaan Berbasis Authentic Learning Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal Pendidikan Fisika, 4(5), 368–378.

Widoyoko, S. E. P. (2017). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuberti, S. L., Anugrah, A., Saregar, A., Misbah,M., & Jermsittiparsert, K. (2019). Approaching Problem-Solving Skills of Momentum and Impulse Phenomena Using Context and Problem-Based Learning. European Journal of Educational Research 8(4), 1217-1227.

Yunita, A., Saadi, P., & Kusasi, M. (2018). Pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan lahan basah melalui pendekatan ctl terhadap hasil belajar pada pembelajaran larutan asam basa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Universitas Lambung Mangkurat, 20-28.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.8453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: