ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI WAKIF TENTANG WAKAF UANG


Wulan Sulistya Ambarwati(1*), Muhammad Hasanuddin(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Wakaf uang merupakan produk inovasi baru dari wakaf yang sangat potensial dan memiliki produktivitas dan fleksibilitas yang lebih luas. Namun wakaf uang ini masih belum popular di kalangan masyarakat, belum lagi dengan berbagai perbedaan pandangan terhadap kebolehannya walaupun sudah ada Fatwa DSN MUI yang membolehkan. Sehingga karena hal tersebut persepsi di masyarakat mengenai wakaf uang pun berbeda-beda ada yang setuju dan ada yang tidak. Sebuah persepsi akan terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang berasal dari diri pemersepsi, dari objek persepsi, ataupun dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari faktor pendidikan, pemahaman, akses media informasi, dan kondisi lingkungan terhadap persepsi wakif mengenai wakaf uang baik secara simultan ataupun secara parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi logistik biner, dimulai dari uji instrument penelitian (validitas dan reliabilitas kuisioner), uji kelayakan model regresi (Hosmer and Lemeshow Goodness of Fit Test), uji keseluruhan model regresi (Overall Model Fit), dan uji signifikansi (Uji Ombinus Test dan Uji Wald). Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi wakif tentang wakaf uang di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Majalengka adalah faktor pemahaman mengenai wakaf uang karena memiliki taraf signifikansi 0,007 < 0,05. Sedangkan faktor lainnya yaitu tingkat pendidikan, akses media informasi, dan kondisi lingkungan memiliki pengaruh yang tidak signifikan karena memiliki taraf signifikansi > 0,05.

Keywords


Persepsi, Wakaf Uang, Wakif

Full Text:

PDF

References


Agustiano. Wakaf Produktif Untuk Kesejahteraan Umat. Jakarta : Niriah, 2008

Baskoro, Gatra Faisal. Analisa Tingkat Literasi Wakaf Uang Dan Pengaruhnya Pada Persepsi Wakaf Uang. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 2019.

Cupian dan Nurun Najmi. ”Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Wakaf Uang di Kota Bandung”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02), 2020, 151-162

Dahlan, Rahmat. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Nazhir Terhadap Wakaf Uang, Jurnal Al-Iqtishad: Vol. VI (2), Juli 2014

Efrizon. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Masyarakat Tentang Wakaf Uang Di Kecamatan Rawalumbu Bekasi. Tesis, Universitas Indonesia, 2008.

Fatwa DSN MUI tanggal 11 Mei 2002 Tentang Wakaf Uang

Fauziyyah, Anis. Pengaruh Literasi, Kondisi Sosial Ekonomi Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Masyarakat Kota Surakarta Untuk Berwakaf Tunai. Skripsi, IAIN Surakarta, 2020

Faqih, A. R. Pengembangan Hukum Wakaf Produktif Untuk Mengatasi Kemiskinan Dan Ketergantungan. 12(30), (2005). 288–302.

Ghazali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018

Gujarati, Damodar. Ekonometri Dasar ; Terjemahan Sumarno Zain, Jakarta : Erlangga, 2003

Ilman, Moh Zidni. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Akses Media Informasi, Dan Pengetahuan Wakaf Uang Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Wakaf Uang, Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 2019

Kasmadi, dan Nia Siti Sunariah. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alpabeta, 2014.

Khaeriyah, Nahdiyatul. Pengaruh Literasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Berwakaf Uang Di Kota Semarang. Skripsi. UIN Walisongo. 2019

Mannan, M.A. Sertifikat Wakaf Tunai Sebuah Inovasi Instrumen Keuangan Islam, diterjemahkan oleh Tjasmijanto dan Rozidyanti. Jakarta: CIBER – PKTTI-UI, 2001

Nizar, Ahmad. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wakif Tentang Wakaf Uang, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 4 (1), April 2014

Pareek, Udai. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo, 1996

Peraturan BWI No. 1 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf Uang

Republika, “Gerakan Wakaf dan Manfaatnya bagi Pembangunan”, https://www.republika.co.id/berita/qozdyv291/gerakan-wakaf-dan-manfaatnya-bagi-pembangunan (Diakses pada 08 Maret 2021 Pukul 18.07 WIB)

Republika, “Minat Berwakaf Tinggi Meski Edukasi Wakaf Masih Rendah”, https://republika.co.id/berita/pvv97l320/minat-berwakaf-tinggi-meski-edukasi-wakaf-masih-rendah (Diakses pada 07 November 2020 Pukul 21.35 WIB)

Rozalinda. Manajemen Wakaf Produktif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015

Sihendi, Hendi. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2014

Suhairi. Wakaf Produktif Membangunkan Raksasa Tidur. Metro: STAIN Jurai Siwo Metro, 2014

Tho’in, Muhammad dan Iin Emy Prastiwi. Wakaf Tunai Perspektif Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 01, No. 01/Maret 2015

www.baznas.go.id

www.bwi.go.id

www.jabar.kemenag.go.id

www.siwak.kemenag.go.id

www.simbi.kemenag.go.id




DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v2i1.15310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

  

 LIKUID Jurnal EkonomI Industri Halal Indexed by

       

 

Sharia Economics Study Program

Faculty of Islamic Economics and Business

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Phone/Fax. 022-7802278, Email: eksyar@uinsgd.ac.id

 

View My Stats