Manajemen Pelayanan Haji Ramah Lansia Melalui Aplikasi Saudi Visa Biometric

Authors

  • Muh Jihan Panani
  • Abdul Mujib UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/mjhu.v3i2.38780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pelayanan, sumber daya manusia dan sistem pelayanan dengan merujuk pada model service triangle. Penelitian ini menggunakan pendekatan paradigma konstruktivisme. Metode deskriptif dan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bandung melakukan strategi pelayanan dengan melakukan sosialisasi kepada jemaah, sosialisasi kepada KBIHU dan menampung permasalahan. Sumber daya manusia sudah mengikuti bimtek untuk memenuhi pelayanan yang profesional serta sesuai dengan SOP, sistem pelayanan permohonan visa haji dan umrah melalui aplikasi visa memudahkan lansia dalam proses permohonan visa secara online.

Downloads

Published

2025-04-24 — Updated on 2024-09-30

Versions

How to Cite

Panani, M. J., & Mujib, A. (2024). Manajemen Pelayanan Haji Ramah Lansia Melalui Aplikasi Saudi Visa Biometric. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 3(2), 133–152. https://doi.org/10.15575/mjhu.v3i2.38780 (Original work published April 24, 2025)

Citation Check