Manajemen Strategi Pelayanan Prima PT. Dago Wisata Internasional dalam Meningkatkan Kepuasan Jemaah Haji dan Umrah
DOI:
https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26450Keywords:
Strategi, Pelayanan, Kepuasaan Pelanggan, Haji, UmrahAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi pelayanan prima dalam meningkatkan kepuasan jamaah PT. Dago Wisata Internasional Kota Bandung dengan menggunakan konsep dari strategi yakni formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi pelayanan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konsep dari manajemen strategis yang diterapkan oleh PT. Dago Wisata Internasional dalam meningkatkan kepuasan jamaah meliputi: Pertama, formulasi mencakup visi dan misi, tujuan, strategi, kebijakan, serta legalitas dari PT. Dago Wisata Internasional. Kedua, implementasi dalam penyelenggaraan layanannya yang berupa fasilitas, regulasi layanan, dan penerapan prinsip pelayanan prima A3 (attitude, attention, dan action). Ketiga, berdasarkan hasil evaluasi dapat dikatakan bahwa PT. Dago Wisata Internasional sudah menerapkan konsep manajemen strategis dengan baik serta sudah mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan mengenai standar minimal kepuasan jamaah selaku pelanggan.
References
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Barata, A. A. (2004). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
David, F. R. (2004). Manajemen Strategis: Konsep-Konsep (9 ed.). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Fattah, N. (2016). Manajemen Stratejik Berbasis Nilai. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Herlambang, S. (2010). Public Relations and Customer Services. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Deepublish.
Rahmayanty, N. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rangkuti, F. (2017). Customer Care Excellent. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Saladin, D. (2003). Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Bandung: Linda Karya.
Umam, K. (2015). Manajemen Organisasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Wildayati. R., Rahman, A., & Solahudin. D. (2017). Optimalisasi Pelayanan Haji dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah dalam Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, (4). 381-398.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Mabrur: Journal of Hajj and Umra agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).