Analisis Kualitatif Pemahaman Jemaah Tentang Rukun Haji Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Pendidikan

Authors

  • Risma Nuruljihan Risma UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dindin Solahudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Fathin Anjani Hilman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/mjhu.v4i2.51167

Abstract

Ibadah haji adalah rukun Islam yang wajib bagi umat yang mampu, namun pemahaman jemaah tentang pelaksanaannya bervariasi sesuai latar belakang pendidikan. Jemaah berpendidikan rendah (SD-SMP) membutuhkan waktu dan penjelasan sederhana, sementara jemaah berpendidikan menengah hingga tinggi (SMA - Perguruan Tinggi) lebih cepat memahami dan mengaitkan materi dengan makna spiritual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggambarkan perbedaan pemahaman berdasarkan pendidikan, menunjukkan bahwa variasi pendidikan memengaruhi cara dan tempo pemahaman, meskipun esensi ibadah tetap sama.

Downloads

Published

2025-10-12

How to Cite

Risma, R. N., Solahudin, D., & Hilman, F. A. (2025). Analisis Kualitatif Pemahaman Jemaah Tentang Rukun Haji Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Pendidikan. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 4(2), 157–180. https://doi.org/10.15575/mjhu.v4i2.51167

Citation Check

Most read articles by the same author(s)